Sukses

Beauty

Apa itu Vitamin?

Ladies pasti sudah familiar dengan kata vitamin. Tapi apakah anda tau sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan vitamin? Mengapa tubuh kita membutuhkan vitamin? Bagaimana cara mendapatkan vitamin yang dibutuhkan tubuh? berikut adalah ulasannya seperti dikutip dari medicalnewstoday.com.

Ladies, vitamin adalah senyawa organik yang tersusun atas karbon, yang sangat berguna untuk metabolisme dan tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Secara total, ada 13 macam vitamin, yaitu vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12, C, D, E, dan K. Sedangkan secara garis besar, vitamin dibedakan menjadi dua yaitu vitamin yang larut dalam lemak (fat-soluble vitamins) dan vitamin yang larut dalam air (water-soluble vitamins).

Vitamin yang larut dalam lemak akan disimpan di dalam jaringan adiposa (lemak) dan di dalam hati, untuk kemudian akan dikeluarkan dan diedarkan ke seluruh tubuh saat dibutuhkan. Vitamin yang termasuk kedalam kategori ini adalah vitamin A, D, E, dan K.

Vitamin yang larut dalam air hanya dapat disimpan dalam jumlah sedikit dan biasanya akan segera dikeluarkan melalui urin. Jadi, anda relative membutuhkan supply vitamin jenis ini setiap hari. Vitamin yang dikatgorikan ke dalam vitamin yang larut dalam air adalah vitamin C dan B kompleks.

Ladies, seperti yang dijelaskan sebelumnya, vitamin tidak dapat diproduks oleh tubuh. Jadi , salah satu cara untuk mendapatkan asupan vitamin adalah dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin seperti buah dan sayur-sayuran.

Oleh: Asizah

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading