Sukses

Beauty

Family Therapy Bagi Penderita Anorexia

Anorexia merupakan masalah yang serius. Anorexia akan menyebabkan penderitanya kekurangan nutrisi. Jika tidak segera ditangani, anorexia tidak hanya akan mengganggu kesehatan tetapi juga bisa menyebabkan kematian.

Anorexia sangat berkaitan erat dengan masalah psikologi. Eating disorder yang satu ini akan membuat penderitanya selalu merasa gemuk dan ingin membuat tubuhnya menjadi sekurus mungkin. Penderita anorexia dapat ditolong dengan melakukan terapi yang bersifat psikologis.

Menurut psychcentral.com,penderita anorexia dapat ditolong dengan melakukan family therapy. Terapi ini dilakukan oleh keluarga penderita anorexia. Peran keluarga dalam therapy ini sangatlah besar. Kesuksesan therapy ini sangat bergantung pada dukungan yang diberikan oleh keluarga.

Dalam proses penyembuhan anorexia melaui proses family therapy ini, biasanya seluruh anggota keluarga dari penderita anorexia dipanggil untuk menemui psikilog. Mereka akan diberikan arahan mengenai peran mereka dalam membantu penyembuhan penderita anorexia.

Akhir-akhir ini, banyak sekali remaja yang mengalami anorexia. Anggapan yang menilai bahwa wanita lebih cantik berbadan kurus, telah mebuat para remaja ini terjebak pada anorexia. Karenanya, peran orang tua sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan para remaja ini. Salah satu cara adalah dengan melakukan terapi maudsley approach.

Maudsley approach merupakan sebuah spesifikasi dari family therapy. Dalam proses penyembuhan menggunakan maudsley approach peran orangtua menjadi kunci kesuksesan. Orang tua harus memberikan dukungan penuh kepada anak mereka agar terlepas dari anorexia dan mendapatkan kembali berat badan yang normal.

Oleh: Ratna Komala Dewi

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading