Sukses

Beauty

7 Fakta Kanker Kulit

Ladies, tahukah Anda? Ada lebih dari 1 juta kasus kanker kulit terjadi pada manusia setiap tahunnya. Angka yang cukup fantastis untuk memperingatkan kita untuk mewaspadainya. Berikut ini 7 fakta kanker kulit seperti yang telah dilansir oleh onhealth.com:

1. Kanker kulit terbagi menjadi 3 jenis yaitu: basal cell carcinoma,squamous cell carcinoma (kanker kulit nonmelanoma) dan melanoma.
2. Kanker kulit merupakan jenis kanker paling umum pada manusia.
3. Penyebab utama kanker kulit adalah sinar ultraviolet yang terdapat pada sinar matahari.
4. Gejala umum kanker kulit adalah berubahnya penampakan kulit seperti, timbulnya koreng yang tidak bisa disembuhkan. Konsultasikan pada dokter apabila terjadi perubahan penampakan kulit yang tidak membaik lebih dari 2 minggu.
5. Kanker kulit nonmelanoma pada umumnya dapat disembuhkan. Presentase kesembuhan bagi penderita kanker kulit melanoma dapat mencapai 100 % jika mendapatkan penanganan dokter sejak dini sebelum kanker tersebut menyebar.
6. Perawatan kanker nonmelanoma banyak macamnya, bergantung pada jenis dan tempat kanker, risiko luka, juga usia dan kondisi kesehatan pasien. Metode penyembuhan yang digunakan terdiri dari kuretase, proses pengeringan, operasi pemotongan, cryosurgery, radiasi sinar, dan Mohs micrographic surgery.
7. Menghindari paparan sinar matahari langsung adalah cara terbaik untuk mengurangi resiko berbagai macam kanker kulit.
Bagi orang yang mudah terjangkit atau beresiko tinggi terjangkit kanker kulit, dianjurkan untuk melakukan cek kesehatan rutin baik oleh diri sendiri maupun di rumah sakit.

Dengan mengetahui fakta-fakta di atas, diharapkan Ladies meningkatkan kewaspadaan ya, agar Anda terhindar dari kanker kulit.

Oleh: Tulus W.

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading