Sukses

Beauty

Kanker Kulit: Antara Sebab, Tipe dan Faktanya

Meskipun tidak begitu terdengar gaungnya, kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak diderita oleh manusia. Banyak sekali kasus kanker kulit di luaran sana yang tidak terekspos oleh media.

Penyebab utama dari kanker jenis ini adalah sinar ultraviolet. Sinar ultraviolet ini, seperti yang banyak orang ketahui, adalah sinar yang terkandung didalam sinar matahari. Jadi, jika anda sering berada di bawah teriknya matahari, maka kemungkinan anda terkena penyakit jenis ini semakin besar.

Kanker jenis ini dibagi menjadi 3, yaitu basal cel carcinoma, squamous cell carcinoma, dan melanoma. Banyak ahli mengatakan bahwa melanoma adalah jenis kanker kulit yang paling serius di antara 2 jenis kanker kulit lainnya.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang kanker kulit, anda perlu mengetahui juga tentang beberapa fakta penting tentang kanker ini seperti yang telah dijelaskan dalam onhealth.com. Fakta pertama yang perlu anda ketahui adalah ada salah satu jenis kanker kulit ini yang masih bisa diobati. Jenis yang dimaksud tersebut adalah jenis kanker kulit squamous cell carcinoma atau yang juga disebut dengan kanker kulit non-melanoma.

Namun, terdapat satu syarat agar kanker kulit non-melanoma anda bisa 100% disembuhkan. Syarat yang harus anda penuhi tersebut adalah jika terdapat gejala-gejala kanker jenis ini muncul, anda segera membawanya ke dokter sebelum sel-sel kanker tersebut menyebar.

Fakta kedua adalah pengobatan untuk penyakit kanker kulit non-melanoma ini tergantung pada beberapa hal, seperti jenis kanker ini, lokasi dimana kanker ini menyerang anda, resiko adanya bekas luka, umur dan juga kesehatan dari penderita kanker jenis ini. Beberapa jenis pengobatan yang direkomendasikan meliputi kuretase dan pengeringan, bedah eksisi, cryosurgery, radiasi dan operasi Mikografi Mohs.

Oleh: Meilia Hardianti

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading