Faktor Penyebab Kanker Kulit: Sejarah dalam Keluarga

Senin, 12 Agustus 2013 18:43


(c) shutterstock

Vemale.com - Dilansir dalam onhealth.com, kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang paling umum diderita oleh manusia. Sebagai buktinya, telah banyak terjadi kasus-kasus kanker kulit sekarang ini. Selain itu, penderita kanker jenis ini bahkan telah meningkat hingga 8 kali lipat sejak tahun 1970 hingga 2009. Peningkatan yang signifikan sekali ya, Ladies?

Penyebab utama dari kanker ini adalah sinar ultraviolet yang ada di dalam sinar matahari. Jika anda sering terekspos sinar matahari di siang hari tanpa memakan sun block atau losion ber-SPF tinggi, resiko anda memiliki kanker jenis ini juga semakin tinggi.

Di samping itu, terdapat satu lagi penyebab kemungkinan anda terkena kanker kulit menjadi jauh lebih tinggi. Penyebabnya, seperti yang dijelaskan dalam foxnews.com, adalah adanya sejarah kanker kulit di dalam keluarga anda. Jika ayah, ibu ataupun juga anak-anak ada yang pernah atau sedang terkena kanker kulit ini, kemungkinan anda mengidap penyakit yang sama meningkat hingga 50%.

Peningkatan kemungkinan terkena penyakit kanker jenis ini juga akan naik jika ada keluarga jauh, seperti kakek, nenek atau sepupu anda , yang terkena penyakit ini. Namun, kemungkinan anda menderita penyakit yang sama tidak setinggi jika yang terkena kanker kulit ini adalah keluarga dekat anda.

Jika anda menyadari resiko anda menderita kanker kulit lebih besar daripada orang-orang lain, anda dianjurkan untuk rutin memeriksakan diri ke dokter kulit. Mencegah lebih baik daripada mengobati kan, Ladies?

Oleh: Meilia Hardianti

(vem/tyn)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Aries

21 April - 27 April
Jika ada kritikan dari rekan kerja ada baiknya Anda tampung dan...