Penyakit Placenta Previa pada Ibu Hamil

Minggu, 11 Agustus 2013 14:17



(c) shutterstock

Vemale.com - Apakah Ladies pernah mendengar tentang penyakit placenta previa pada Ibu hamil? Berikut adalah ulasannya seperti dilansir oleh americanpregnancy.org.

Ladies, placenta previa adalah kondisi dimana plasenta berada jauh di bawah rahim sehingga hampir atau secara keseluruhan menutupi mulut rahim. Plasenta ini mampu terpisah jauh dari dinding rahim ketika rahim mulai terbuka pada saat persalinan normal.

Americanpregnancy.org melansir bahwa 1 diantara 200 wanita mengalami penyakit ini pada 3 bulan pertama kehamilan. Selain itu, gangguan kehamilan ini biasanya terjadi pada Ibu yang memiliki lebih dari satu putra, melakukan operasi Caesar, melakukan operasi pada rahim, dan Ibu yang memiliki bayi kembar.

Penyakit ini memiliki 3 macam yakni complete previa, yakni keadaan dimana plasenta menutupi seluruh bagian mulut rahim yang terbuka, partial previa, yakni hanya beberapa bagian saja dari mulut rahim yang ditutupi oleh plasenta, dan marginal previa yakni hanya ujung mulut rahim saja yang ditutupi oleh plasenta.

Ladies, gejala dari penyakit ini antara lain yang paling banyak ditemukan adalah pendarahan pada tiga bulan pertama kehamilan. Selain gejala tersebut, gejala yang lain adalah kontraksi yang sangat dahsyat, bayi lahir secara sungsang atau kakinya keluar terlebih dahulu, dan pembesaran rahim yang tidak normal.

Lebih jauh, americanpregnancy.org menyarankan beberapa hal untuk dihindari selama hamil yakni hubungan seksual, melakukan perjalanan jauh, dan pemeriksanaan selangkangan. Yang terakhir, americanpregnancy.org melansir beberapa hal yang meningkatkan resiko terkena penyakit ini yakni kehamilan pada Ibu yang berumur lebih dari 35 tahun, telah hamil lebih dari 4 kali, dan memiliki sejarah pernah melakukan operasi rahim.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/tyn)







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Virgo

15 September - 21 September
Siapkan tenaga dan juga pikiran ekstra untuk minggu ini ya Ladies...