Sukses

Parenting

Bahaya Toxoplasma pada Ibu Hamil

Apakah Ladies pernah mendengar tentang toxoplasma dan bahwa penyakit ini sangat berbahaya bagi Ibu yang sedang hamil? Berikut adalah ulasan tentang toxoplasma seperti dilansir oleh americanpregnancy.org.

Toxoplasma adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi parasit Toxoplasma gondii yang salah satunya ditemui dari feses atau kotoran kucing. Selain itu, toxoplasma juga dapat disebabkan karena seorang Ibu hamil yang makan daging yang belum matang atau dapat pula dari sayur dan buah-buahan.

Lebih jauh americanpregnancy.org menyatakan bahwa gejala kasus ini beragam, mulai dari kelelahan, demam, pembengkakan kelenjar getah bening, dan dalam kasus yang sangat disayangkan, tidak terdapat gejala yang ditunjukkan sama sekali.

Ladies, penyakit ini banyak ditemukan pada daerah dengan iklim yang lembab dan hangat seperti di Eropa bagian tengah dan selatan, Afrika, Amerika Selatan, dan Asia. Selain itu americanpregnancy.org menyatakan bahwa kasus toxoplasma juga banyak terjadi di Prancis karena kebiasaan orang Prancis yang suka mengonsumsi daging yang kurang matang atau bahkan mentah.

Americanpregnancy.org menyatakan bahwa toxoplasma menyebabkan kelahiran prematur, rendahnya berat badan bayi, demam, ketidaknormalan retina, keterbelakangan mental, ukuran kepala bayi yang tidak normal, dan kerusakan otak. Ladies, resiko terjangkitnya penyakit ini seperti dilansir oleh americanpregnancy.org sangat tinggi pada 3 bulan pertama kehamilan.

Americanpregnancy.org menyarankan beberapa hal untuk mencegah penyakit ini yakni mengurangi akses ke kotoran kucing, menjauhkan diri dari jangkauan kucing selama hamil, tidak memberikan makanan mentah pada kucing, dan selalu mencuci tangan setelah memegang kucing atau kontakk dengan daging mentah.

So Ladies, keep your cat away during pregnancy!

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading