Sukses

Beauty

Kisah Pasien Kanker Serviks yang Sembuh

Ladies, berikut adalah kisah tentang survivor kanker serviks yang didiagnosa mengidap kanker serviks pada umur 25 tahun seperti dilansir oleh cdc.gov.

Wanita ini bernama Tamika, Ladies. Ia berumur 25 tahun pada saat didiagnosa dokter mengidap kanker serviks. Pada saat itu ia memiliki karir yang cemerlang dan ia merasa sehat sehingga ia tidak menjalani Pap test, yakni tes untuk mendeteksi kanker.

Ketika menjalani check-up, ia diberitahu dokter mengidap kanker mulut rahim atau kanker serviks. Dokter merekomendasikan untuk hysterectomy atau operasi pengangkatan rahim namun ia ragu karena ia masih sangat muda dan ia ingin seperti Ibu lain yang hamil dan memiliki anak.

Ladies, ia akhirnya mengambil keputusan untuk hysterectomy. Selain itu, ia juga menjalani terapi radiasi dan kemoterapi. Saat ini ia bebas dari kanker seperti yang dilansir oleh cdc.gov. Lebih jauh ia menambahkan bahwa ia menyarankan para wanita untuk melakukan test Pap secara teratur karena sel kanker dapat menyerang wanita kapanpun dan di umur berapapun.

Lebih jauh, Tamika menambahkan bahwa screening dengan menggunakan tes Pap sangat disarankan untuk dijalani sebelum terlambat. Selain itu, setelah kejadian itu ia dan teman-temannya sesama survivor kanker mendirikan Tamika & Friends, yakni organisasi non-profit yang bergerak dalam bidang peningkatan kesadaran wanita akan kanker serviks dan human papillomavirus (HPV) yakni penyebab utama penyakit menular seksual.

Ladies, segera periksakan diri sebelum terlambat ya!

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading