Sukses

Parenting

Islam dan Surrogate Mother: Who's Your Mommy?

Ladies, ada yang tahu apa sih Surrogate Mother? Surrogate mother, seperti yang dilansir dalam webmd.com, mempunyai dua tipe. Pertama, surrogates mother diartikan sebagai titip janin yang berasal dari zigot pasangan suami istri sah. Kedua, bisa juga ibu pengganti ini diartikan sebagai donor sel telur (inseminasi buatan), dengan zigot berasal dari sperma sang ayah dan sel telur donor. Zigot ini selanjutnya ditempatkan dalam rahim ibu mandul.

Masalahnya, bagaimana hukum Surrogate Mother dalam Islam ya? Dalam pandangan Islam, menurut situs sunnipath.com, telah dijelaskan di sebuah hadis bahwa "dilarang bagi seorang laki-laki yang percaya kepada Allah S.W.T dan hari akhir untuk menyirami tanaman dari yang lain (H.R Abu Dawud no.2151 dan Tirmidhi)". Tentu saja, menyiram tanaman dari yang lain merupakan sebuah metafor ya Ladies, maknanya adalah memberi sperma ke dalam rahim istri laki-laki lain.

Dengan kata lain, segala bentuk alternatif tindakan untuk menghasilkan keturunan yang melibatkan pihak ketiga dinyatakan haram. Selain itu, Menggunakan sperma atau telur dari pihak ketiga akan menghasilkan ketidakjelasan identitas dari anak yang dilahirkan. Ketidakjelasan ini berarti garis keturunan anak dan identitasnya tidak dapat dilindungi secara hukum nantinya.

Isu lain yang juga patut dipertanyakan sehubungan dengan surrogates mother adalah siapa ibu dari anak yang dilahirkan. Wanita yang menyediakan sel telur untuk dibuahi atau wanita yang rahimnya mengandung dan melahirkan anak?

Jawaban dari pertanyaan ini ada dalam Alquran Surat Al-Mujadalah ayat 2 yang artinya "ibu-ibu mereka itu hanyalah yang melahirkan mereka." Wanita yang mengandung anak hingga 9 bulan dan melahirkan itulah yang disebut ibu dari sang anak. Surrogate mother cenderung disebut ibu biologis si anak, dan si suami akan menjadi ayah dari anak itu kecuali jika dia menolak. Dalam kasus penolakan oleh bapak ini, anak akan dilimpahkan kepada surrogate mother atau ibu titipannya.

Orista V Anggraningtyas

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading