Sukses

Parenting

Masalah Kehamilan: Sakit Gigi!

Mungkin Ladies tidak pernah berpikir bahwa seorang ibu hamil memiliki risiko lebih tinggi mengalami sakit gigi. Mengapa begitu?

Menurut sebuah artikel yang dilansir oleh livestrong.com, seorang ibu hamil mengalami masa perubahan hormon yang drastis. Hal itulah yang berpengaruh hebat pada kesehatan seorang ibu hamil yang rentan sekali terganggu.

Pada sebuah buku berjudul “What To Expect When You're Expecting” dijelaskan bahwa sakit gigi dan gangguan rongga mulut merupakan masalah – masalah kesehatan yang akan lebih sering diderita seorang wanita ketika dia hamil. Hal itu semata – mata karena terjadinya perubahan hormon dalam tubuh seorang wanita membuat rongga mulut lebih keropos dan kenyal, mengakibatkan rasa kurang nyaman di mulut.

Nah, jika Ladies adalah seorang ibu hamil yang sedang mengalami hal tersebut sekarang, Ladies tidak bisa begitu saja mengkonsumsi obat pereda nyeri untuk sakit gigi. Mengapa? Karena bisa saja obat yang Ladies konsumsi membawa efek samping pada janin. Lalu, apa tindakan tepat yang dapat dilakukan?

1. Lakukan tindakan pengobatan tradisional. Ambil satu gelas air hangat lalu campur dengan garam secukupnya. Setelah dirasa garam sudah larut, gunakan campuran tersebut untuk berkumur. Garam dipercaya sebagai antibiotic yang dapat melawan bakteri dalam rongga mulut penyebab sakit gigi.

2. Ambil sebongkah kecil es dan masukkan ke dalam kantong plastic. Gunakan bungkusan tersebut untuk mengompres bagian gigi yang terasa sakit. Hal itu berfungsi sebagai pain-killer alami yang tidak menimbulkan efek samping.

3. Jika Anda ingin mengkonsumsi obat atau menggunakan gel pereda nyeri, pastikan untuk mengkonsultasikannya dengan dokter. Hal itu untuk memastikan bahwa tidak aka nada efek samping pada janin.

Selamat mencoba tips–tips diatas ya Ladies.

Marintan Widi Lestari

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading