Sukses

Beauty

Gejala Kanker Serviks pada Wanita

Mengenal gejala awal kanker serviks sangat disarankan bagi kaum wanita agar penyakit ini dapat ditangani sedini mungkin dan menghindarkan resiko penyakit menjadi semakin parah atau kronis. Situs bodyandhealth.canada.com memberi penjelasan tentang gejala apa saja yang harus anda waspadai sebelum kondisi tubuh semakin menurun.

Yang pertama adalah pendarahan tak normal atau keputihan yang berbau tak sedap pada daerah kewanitaan anda yang terjadi tidak pada masa datang bulan. Hal ini biasanya terjadi semakin sering dan banyak. Pendarahan juga biasa terjadi setelah hubungan seksual atau saat buang air kecil.

Kadang-kadang, anda mungkin akan merasakan buang air kecil tanpa sadar seperti mengompol. Selain itu, anda juga akan mulai mengalami sakit di bagian panggul dan punggung, serta penurunan berat badan secara drastis walau pola makan anda tetap normal. Setelah ini terjadi, lambat laun anda akan mengalami anoreksia ringan karena nafsu makan mulai hilang tanpa alasan yang jelas. Nafas pendek-pendek seperti asma, anemia, dan sembelit juga akan menyerang anda.

Gejala-gejala tersebut amat mirip dengan gejala pada penyakit-penyakit lain. Jika salah satu dari gejala ini terjadi dalam frekuensi yang meningkat dan tidak wajar, lebih baik segeralah periksakan diri anda ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk memastikan penyakit yang anda derita dan melakukan tes Pap smear yang dapat langsung mendeteksi adanya kanker pada rahim anda.

Oleh: Isdiana Zulidha

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading