Sukses

Beauty

Diet Salah? Waspadai Akibatnya!

Ladies, apakah Anda sedang menjalani diet? Hati-hati ya, diet yang salah dapat menimbulkan berbagai penyakit hingga mengancam nyawa Anda, Ladies. Ini disebabkan karena tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup. Berikut ini beberapa benyakit yang timbul akibat menjalani diet yang salah versi livestrong.com:

1. Keletihan
Orang yang menjalani diet yang salah akan mudah terjangkit anemia. Ini dikarenakan tubuh menderita kekurangan nutrisi. Untuk mencegahnya, konsumsi makanan sehat yang terdiri atas protein, karbohidrat, dan zat besi, serta mengurangi makanan atau minuman berkafein dan beralkohol.

2. Konstipasi
Konstipasi mudah sekali terjangkit pada orang yang salah diet dan tidak cukup olahraga. Orang yang kekurangan cairan bahkan dapat terjangkit konstipasi kronis. Hal ini dapat diatasi dengan minum sedikitnya 8 gelas air putih per hari, mengonsumsi sayuran dan biji-bijian, seperti gandum.

3. Hilang ingatan
Hasil penelitian di Medical University of South California dan Arizona State University menunjukkan bahwa seekor tikus yang makanannya mengandung lemak jenuh tinggi dan kolesterol menderita cacat ingatan. Ini disebabkan oleh peradangan otak dan kerusakan struktur protein yang berdampak pada fungsi sel saraf.

4. Masalah gigi
Bakteri perusak gigi yang terdapat pada gula atau kanji yang menempel di gigi akan menjadi plak yang merusak email gigi yang merujuk pada penyakit gusi. Diet yang minim nutrisi, dapat membahayakan seluruh sistem imun tubuh. Akibatnya, penyakit gusi akan memperparah dan sulit untuk disembuhkan.

5. Diabetes
Kesalahan pemilihan menu diet menjadi penyebab utama meningkatnya resiko obesitas dan diabetes.

Nah,Ladies sebelum berdiet, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu kepada dokter atau ahli gizi ya, agar tidak terjadi diet salah maupun terjangkit penyakit-penyakit di atas.

Oleh: Lely Tri W.

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading