Sukses

Beauty

Atur Kalori dalam Diet Diabetes Anda

Selama ini, anggapan umum bagi penderita diabetes adalah bahwa mereka harus mengikuti diet ketat. Tak heran banyak yang merasa cepat bosan dengan pola makan seperti ini. Namun, jika tak menuruti pola makan yang tepat, salah-salah bisa terjadi kelumpuhan organ tubuh dalam jangka panjang, penyakit jantung, atau resistensi hormon insulin.

Menurut situs chicagotribune.com, inti dari diet diabetes sebenarnya adalah mengatur kadar gula dalam tubuh. Karbohidrat memang harus dihindari karena kandungan gulanya, namun yang paling penting adalah jumlah kalori asupan makanan anda. Hal ini terlihat sepele, namun dengan mengatur jumlah kalori, tak hanya tingkat glukosa darah yang menurun, tapi juga berat badan anda. Makanan sehat pun akan sama bahayanya bila dikonsumsi secara berlebihan dan menghasilkan kalori yang banyak.

Anda sebenarnya tak harus menghentikan konsumsi makanan yang anda sukai. Asal porsinya cukup dan jumlah kalori terjaga, tak ada masalah. Anda masih tetap bisa makan durian, sate kambing, berbagai macam kue dan es krim dan sebagainya, asal tidak terlalu sering. Sebagai gantinya, gantilah asupan karbohidrat anda dengan jenis makanan yang lebih sehat dan berkalori rendah seperti gandum sebagai pengganti nasi, dan sayur-sayuran atau buah yang kaya antioksidan, namun juga lezat dan mengenyangkan. Hindarilah makanan yang mengandung lemak tinggi dan gorengan karena kedua jenis makanan ini sangat berbahaya bagi anda dan dapat langsung merusak diet yang sudah susah payah anda lakukan selama ini.

Oleh: Isdiana Zulidha

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading