Sukses

Beauty

Perawatan Pasien Pengidap Kanker Serviks

Ladies, tahukah anda apa saja perawatan untuk mengatasi kanker serviks? Berikut adalah ulasannya seperti dilansir oleh mayoclinic.com.

Menurut mayoclinic.com, perawatan kanker serviks didasarkan pada beberapa faktor yakni stadium, kondisi kesehatan pasien, dan pilihan pasien tentang perawatan yang akan dijalani. Berikut adalah 3 tipe perawatan untuk pasien pengidap kanker serviks.

Perawatan pertama adalah operasi. Operasi yang paling banyak dilakukan pada pasien kanker serviks stadium awal ini dikenal dengan hysterectomy yang meliputi pengambilan sel-sel kanker dari mulut rahim dan rahim. Untuk operasi hysterectomy pada pasien stadium lanjut akan meliputi pengangkatan mulut rahim, rahim, beberapa bagian vagina, dan kelenjar getah bening.

Lebih jauh, mayoclinic.com melansir bahwa hysterectomy pada kanker serviks stadium awal mampu menghilangkan sel-sel kanker dan mencegahnya datang kembali namun tidak memungkinkan rahim untuk mengandung. Ngeri ya, Ladies?

Ladies, cara kedua adalah dengan radiasi. Terapi ini menggunakan energi bertenaga tinggi untuk membunuh sel-sel kanker. Lebih jauh mayoclinic.com menambahkan bahwa perawatan yang dilakukan pada wanita yang mendekati masa menopause akan menyebabkan siklus menstruasinya terhenti.

Ladies, perawatan yang ketiga adalah kemoterapi dimana dokter menggunakan obat untuk membunuh sel-sel kanker. Dokter akan memasukkan obat tersebut melalui pembuluh darah. Hal ini dimaksudkan untuk membunuh sel-sel kanker yang tumbuh di seluruh tubuh. Beberapa obat kemoterapi ini dapat menyebabkan kemandulan dan menopause dini pada wanita yang mendekati masa menopause.

Ladies, segera periksakan kondisi kesehatan ke dokter sebelum terlambat ya!

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading