Sukses

Beauty

Faktor-faktor yang Menyebabkan Berkembangnya Kista

Ladies, Kista adalah tumor jinak yang paling sering ditemui. Berisi cairan kental dan ada pula yang berbentuk anggur. Dijelaskan juga pada situs my.clevelandclinic.org, bahwa kista ada yang berisi udara, cairan, nanah, ataupun bahan-bahan lainnya.

Kista termasuk tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan. Kumpulan sel-sel tumor itu terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Itulah sebabnya tumor jinak relatif mudah diangkat dengan jalan pembedahan, dan tidak membahayakan kesehatan penderitanya. Obat Herbal Kista Ovarium. Ada beberapa faktor yang menyebabkan berkembangnya kista, diantaranya :

1. Keturunan dari ibu atau nenek
2. Siklus haid yang tidak teratur
3. Perut buncit
4. Menstruasi di usia dini (sebelum usia 11 tahun)
5. Sulit hamil
6. Penderita hipotiroid
7. Penderita kanker payudara yang pernah menjalani kemoterapi (tamoxifen)

Ladies, ada beberapa kasus penyakit kista dapat memotong pembuluh darah sehingga menyebabkan nyeri disekitar rahim. Akan tetapi, sampai saat ini penyebab penyakit kista belum diketahui dengan pasti.

Namun, banyak hal yang dapat memacu kemunculan kista. Misalnya, kebiasaan seorang Ibu yang memberi bedak pada selangkangan bayi perempuan. Para peneliti membuktikan, bahwa bubuk bedak akan sampai ke indung telur dalam 15 menit. Perlahan bedak tersebut akan membuat dinding telur mengalami rangsangan dan menjadi kista.

Faktor lainnya adalah infeksi di daerah panggul yang tidak diobati dengan baik dan radang di selaput dinding rahim. Ada dugaan bahwa seringnya memakai obat kesuburan bisa memacu tumbuhnya kista. Jadi, berhati-hatilah mengonsumsi obat kesuburan.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading