Sukses

Parenting

Waspada Herpes Genitalis pada Ibu Hamil

Ladies, apakah anda tau tentang penyakit herpes genitalis? Yup, herpes genitalis adalah salah satu jenis herpes yang disebabkan oleh virus HSV, yang ditandai dengan munculnya lepuh atau gelembung berisi air pada atau sekitar bagian tubuh tertentu, seperti alat kelamin, anus, maupun selangkangan.

Bagi ladies yang sedang hamil atau berencana hamil, wajib mewaspadai penyakit yang satu ini. Kenapa?

Seperti dikutip dari medicalnewstoday.com, herpes genitalis dapat membahayakan tidak hanya bagi si ibu, tapi juga bayinya. Herpes genitalis dapat menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur. Selain itu, Bayi yang lahir dari ibu penderita herpes genitalis dapat tertular atau bahkan menderita kelainan yang berbahaya, seperti hepatitis atau ensefalitis.

Semakin jauh jarak si ibu terinfeksi dengan kehamilannnya, semakin baik pula antibodi yang dimiliki, yang berarti semakin kecil pula kemungkinan bayi terinfeksi, karena antibodi tersebut akan disalurkan juga pada si bayi. Antibodi itulah yang nantinya akan melindungi bayi selama proses kelahiran ataupun setelahnya.

Dengan kata lain, semakin dekat jarak ibu terinfeksi dengan hari kelahiran, semakin tinggi pula resiko bayi terinfeksi. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi ibu yang terinfeksi untuk segera menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Umumnya, dokter akan memberi ibu aciclovir (obat antivirus) selama kehamilannya. Juga, dokter mungkin akan menyarankan untuk menjalani operasi sesar bagi penderita yang terserang herpes genitalis di trimester terakhir kehamilannya.

Nah, ladies, sudah tau kan bahayanya herpes genitalis bagi kehamilan? So, be more aware, ya.

Oleh: Asizah 

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading