Sukses

Beauty

5 Penyebab Orang Sering Digigit Nyamuk

Kalau pergi ke suatu tempat baru, Anda langsung sibuk mengusir nyamuk yang mengejar Anda. Anehnya, teman-teman Anda tidak merasa terganggu oleh nyamuk tersebut dan malah santai-santai saja. Sementara tubuh Anda penuh bentol oleh serangan nyamuk yang membabi buta.

Sebenarnya hal ini bukan hal yang aneh, karena memang nyamuk bisa memilih mangsanya sendiri. Ada beberapa penyebab yang membuat nyamuk menentukan mangsanya. Seperti dikutip dari WebMD, nyamuk tidak asal menggigit dan menghisap darah, melainkan karena...

Genetik

Secara genetik, ada warisan yang diturunkan kepada setiap orang yang membuat seseorang berbakat untuk dikejar nyamuk. Pada gen-gen tertentu memang seseorang menjadi sasaran nyamuk. Inilah mengapa ada orang yang sering mengeluh karena ulah nyamuk, ada pula yang tidak.

Kandungan asam pada tubuh

Nyamuk suka pada orang yang memiliki produksi asam berlebih pada tubuh. Misalnya saja asam urat dan asam laktat. Substantsi tersebut seperti mengeluarkan aroma tertentu dari tubuh, yang mengundang nyamuk untuk hinggap di kulit kemudian menghisap darah dari tubuh Anda.

Tingginya kolesterol

Seorang profesor bernama Jerry Butler, PhD dari Universitas Florida mengatakan seperti dikutip dari WebMD bahwa seseorang dengan konsentrasi kolesterol tinggi dalam tubuhnya dapat menarik perhatian nyamuk. Kolesterol tersebut menjadi alarm yang memanggil nyamuk untuk hinggap dan menghisap darah.

Produksi gas karbondioksida

Mereka yang mengeluarkan gas karbondioksida lebih banyak dari tubuhnya adalah sasaran empuk bagi nyamuk. Umumnya mereka yang mengeluarkan karbondioksida adalah orang dewasa serta wanita hamil.

Golongan darah

Scienceline mengatakan bahwa mereka yang memiliki golongan darah O cenderung lebih sering digigit nyamuk ketimbang golongan darah lainnya. Kabarnya, golongan darah O punya aroma tubuh khusus yang disukai nyamuk.

Agar nyamuk tidak mengganggu, Anda bisa mencoba cara alami mengusir nyamuk. Caranya mudah, hanya dengan menanam beberapa bunga ini, maka nyamuk enggan tinggal di rumah Anda. Bunga apa sajakah itu?

Sereh

Tanaman sereh memiliki aroma lemon yang sangat menggiurkan dan segar. Kerap dijadikan tambahan bumbu dalam masakan juga dalam minuman. Warnanya menarik apabila sudah dicabut dari tanah dan dikupas. Di Bali, bahkan tanaman ini dijadikan tusuk untuk sate pentul, sehingga aroma sate juga lebih istimewa.

Ditanam di kebun atau di samping rumah, sereh dapat membantu mengusir nyamuk sekalipun ia rimbun.

Baca kelanjutannya Bunga-Bunga Yang Membantu Mengusir Nyamuk [initial]

BACA JUGA:

Hati-Hati, Lensa Kontak Bisa Sebabkan Kebutaan

Jangan Remehkan Susah BAB

Jangan Terlalu Banyak Makan Kuning Telur

Cengkeh, Obati Sakit Gigi dan Batuk

Air Kelapa Muda, Minuman Super Untuk Diet

5 Menu Sehat Pengganti Susu

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading