Sukses

Parenting

Menangani Susah Buang Air Besar (Konstipasi) Pada Anak

Kasihan rasanya melihat anak menangis kesakitan karena susah buang air besar. Sakit memang bila suatu ketika menderita konstipasi atau susah buang air besar. Untuk orang yang sudah dewasa saja merasa kesakitan, bagaimana dengan anak-anak yang masih kecil?

Jika suatu saat anak Anda mengalami kesalahan pola makan hingga menyebabkan konstipasi, cobalah cara dari webmd.com yang bisa membantu Anda untuk menangani gejala konstipasi pada anak.

Pertama, berikanlah anak anda obat pencahar untuk membersihkan perut, dan memperlancar buang air besarnya. Gunakanlah obat pencahar yanng benar-benar aman bagi anak Anda. Anda bisa mencari obat pencahar yang aman ini dengan melakukan konsultasi pada dokter terlebih dahulu agar saat melakukan pengobatan anak anda dapat terkontrol dengan baik.

Setelah itu, saat anak Anda ingin makan, berilah anak Anda makanan yang mengandung banyak serat. Anda bisa memberikan dia sayur pada saat makan untuk mendapingi lauk dan jangan lupa untuk menambahkan buah saat dia selesai makan. Jika dia tidak suka buah, Anda bisa mengantinya dengan memberikan minuman prebiotik seperti yogurt untuk menjaga kesehatan pencernaan anak anda.

Selain memberikan serat, jangan lupa untuk memberikan banyak cairan. Cairan banyak dibutuhkan untuk mendampingi jumlah serat yang dicerna dalam tubuh. Cukupilah kebutuhan cairan dalam tubuh saat anak makan-makanan berserat dengan meminum banyak air sepanjang hari.

Yang terakhir, jangan lupa untuk menyuruh anak Anda untuk buang air setiap hari, agar sisa pencernaan dalam tubuhnya tidak menyebabkan konstipasi.

Dimas Galih Wijaya

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading