Menghindari Perut Mulas Saat Hamil

Selasa, 30 Juli 2013 20:05



(c) shutterstock

Vemale.com - Keadaan yang membuat tidak nyaman bagi hampir setengah dari wanita hamil adalah ketika mereka harus menahan sakit karena perut mulas. Tahu nggak sih ladies, apa yang menyebabkan perut mulas?

Ternyata perut mulas disebabkan oleh rahim yang membesar, sehingga mendorong isi perut sampai ke kerongkongan, seperti yang dikutip dari www.aboutkidshealth.ca. Sakit kan ladies?

Tapi tenang, jangan takut dulu laddies, berikut ada beberapa tips yang dapat mencegah perut mulas. Disimak baik-baik ya ladies.

1. Konsumsi makanan yang rendah lemak
Semakin berlemak suatu makanan, maka akan semakin sulit untuk dicerna. Untuk itu, organ pencernaan akan lebih bekerja keras untuk mencerna makanan. Tentu saja iji akan memicu sakit perut setelah makan.

2. Makan perlahan dan kunyah makanan dengan benar
Ketika makanan sudah dikunyah dengan benar di mulut, maka kerja organ pencernaan lainnya dalam perut akan lebih ringan. Hal ini akan mencegah perut sakit setelah makan.

3. Hindari mengkonsumsi makanan yang pedas
Makanan pedas perlu dihindari ibu hamil, terutama bagi yang memang tidak menyukai pedas karena sering kali rasa pedas akan memicu perut mulas.

4. Hindari tidur setelah makan
Posisi tidur akan menggagu proses pencernaan.

5. Hindari membungkuk setelah makan
Ketika membungkuk, perut akan tertekan, bila dilakukan setelah makan akan memicu sakit perut.

6. Jangan mengkonsumsi antasida sebelum berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

Kebiasaan langsung minum obat ketika sakit, perlu ditinggalkan saat hamil lho ladies, karena ketika salah obat, perut akan bertambah sakit, bahkan kemungkinan akan membahayakan janin. Nggak mau itu terjadi kan ladies?

Handayani Rahayuningsih

(vem/ova)







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Leo

18 Agustus - 24 Agustus
Ada beberapa kejadian kurang menyenangkan yang akan membuat Anda sedikit down...