Sukses

Parenting

Apa Itu Galaktosemia dan Bahayanya

Bunda, tidak semua kondisi cacat kandungan nampak dengan jelas pada diri anak. Beberapa cacat kandungan terjadi di dalam tubuh atau biasa disebut dengan cacat metabolik. Cacat jenis ini membutuhkan pengamatan yang seksama terhadap perubahan-perubahan yang perlahan terjadi pada keadaan tubuh anak, salah satunya adalah galaktosemia.

Galaktosemia adalah kelainan yang terjadi pada bayi dimana bayi tidak dapat mencerna zat gula sederhana bernama galaktosa, menurut situs ghr.gov. Zat gula ini banyak terdapat pada produk susu untuk anak-anak. Terdengar simpel, ya, seperti tidak ada yang serius dengan kelainan ini. Apa iya?

Jika bayi telah diidentifikasi mengidap galaktosemia, sebaiknya segera rancang diet khusus gula untuknya. Jika hal ini tidak diupayakan, maka hidup bayi akan terancam karena komplikasi yang terjadi bisa mematikan. Bayi akan kekurangan energi, terjadi penurunan berat badan, sakit kuning hingga gangguan hati. Jika penanganannya tidak tepat, meskipun anak tumbuh dengan benar, anak akan mengalami keterbelakangan mental.

Kelainan ini memang disebabkan oleh mutasi gen yang terjadi selama kehamilan dan terjadi dalam perbanding 1:30.000-60.000 kehamilan. Namun begitu, Bunda harus tetap mewaspadai kelainan ini dan tetap mengusahakan yang terbaik ketika masih di dalam kandungan dengan asupan nutrisi yang cukup. Hindari mengonsumsi obat tanpa resep dokter karena substansi kimia dalam obat dapat memberikan dampak buruk pada kehamilan.

Mazhi

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading