Sukses

Parenting

Agar buah hati Anda Tenang Saat Proses Penyuntikan

Halo ladies pernahkah anda menemani buah hati Anda saat dokter memasukkan obat melalui suntikan? Jika pernah, bagaimana buah hati Anda bereaksi? Jika buah hati Anda tetap tenang, tentu Anda juga tenang. Akan tetapi, bagaimana jika buah hati Anda mulai menangis histeris saat jarum suntik itu mulai menembus kulitnya yang masih rentan? Dapatkah Anda menenangkan buah hati Anda?

Mendapatkan suntikan mungkin hal yang yang baru dan kurang menyenangkan untuk dilalui oleh bayi Anda yang masih berusia beberapa bulan. Namun, proses tersebut akan sangat membantu bayi Anda, apalagi jika yang disuntikkan adalah vaksin terjadwal yang dapat menjaga kesehatan bayi Anda dan melindunginya dari berbagai penyakit. Kidshealth.org menuliskan beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit bayi dan stress Anda.

Pertama, posisikan bayi Anda pada posisi yang agak miring sembari menenangkannya dengan membuat suara pelan di dekat telinganya saat dokter menyuntiknya. Anda juga bisa melakukannya dengan menggendong bayi Anda dan juga mengayunkan dia pelan untuk mengalihkan rasa sakit yang baru saja dia rasakan. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah menyusuinya dengan ASI atau susu formula dalam botol yang sebelumnya telah dipersiapkan.

Para ahli telah membuktikan bahwa hal di atas dapat membuat bayi Anda tenang saat dia disuntik. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah, jika Anda merasa nyaman memberi ASI di ruang dokter atau bidan, lakukanlah. Sebenarnya, pemberian ASI saja sudah lebih dari cukup untuk menenangkan buah hati Anda, baik selama dan/atau setelah penyuntikkan.

Oleh: Ratih Kristianasari

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading