Sukses

Beauty

Fakta Kesehatan Penyebab Terbangun Tengah Malam

Ada kalanya di tengah malam kita terbangun dan susah tidur kembali. Bisa jadi terbangun karena kram, mimpi buruk, batuk yang sulit berhenti dan sebagainya. Ternyata hal tersebut juga bisa menjadi sinyal kesehatan dilansir dari Dailymail.

Dr. Neil Stanley yang menjadi pakar kesehatan tentang tidur menyatakan bahwa bisa jadi bangun di tengah malam adalah salah satu cara tubuh kita menjelaskan apa yang terjadi padanya. Agar tahu apa yang sedang terjadi pada kondisi tubuh Anda, coba simak informasinya berikut ini.

Kram Kaki

Kram kaki bisa terjadi saat kita tidur. Hal ini ternyata bisa jadi karena kita terlalu banyak mengonsumsi jenis obat tertentu. Kram juga bisa disebabkan oleh masalah peredaran darah yang kurang lancar akibat tingginya kandungan gula dalam darah, ataupun akibat lemak dalam tubuh.

Susah Bernafas

Terbangun karena merasa ada gangguan pada masalah pernafasan? Hal itu bisa terjadi karena adanya gejala asma atau kondisi jantung yang sedang tidak stabil. Kondisi jantung juga berhubungan dengan paru-paru dan sistem respirasi lainnya.

Bingung

Ada kalanya seseorang menjadi bingung dan linglung setelah bangun tidur. Hal tersebut bisa terjadi pada saat seseorang mengalami sleep apnea. Dalam kondisi ini, seseorang belum sepenuhnya terbangun, bahkan kadang merasa bingung kita sedang ada di mana, sudah jam berapa dan sebagainya. Hal ini bisa terjadi karena kelebihan berat badan, merokok dan terlalu banyak minum.

Sakit Kepala

Sakit kepala adalah salah satu gejala yang sering dialami meski sudah tidur. Kondisi ini bisa terjadi karena efek obat-obatan dan minum air. Namun bila gejala ini sering terjadi, bisa juga karena mengalami kondisi yang terlalu lelah atau karena rokok dan minuman beralkohol.

Sakit Pinggang

bangun tidur dengan kondisi sakit pinggang berhubungan dengan tempat dan posisi tidur Anda. Setiap 8-10 tahun sekali disarankan bagi Anda untuk mengganti tempat tidur. Selain itu juga bisa disebabkan oleh penggunaan bantal yang salah.

Batuk

Penyebab dari bangun dengan kondisi terbatuk adalah asam dari perut yang naik ke tenggorokan. Hal ini biasa terjadi pada mereka yang mengalami kelebihan lemak pada bagian perutnya.

Untuk mengatasi masalah di atas, tubuh Anda memerlukan latihan khusus seperti olahraga joging, yoga, atau senam. Selain itu kurangi kondisi yang terlalu lelah dan selalu pastikan Anda memasukkan makanan yang menyehatkan ke dalam tubuh.

BACA JUGA

Gejala Penyakit yang Sering diabaikan Saat Berolahraga

Wanita Bertubuh Tinggi Lebih Rentan Kena Kanker, Mitos Atau Fakta?

Lidah Buaya Dan Kemangi Sebagai Pembersih Tangan

Menggunakan Handphone Saat Dicharge, Aman Tidak ya?

5 Alasan Untuk Tidak Mengurangi Jam Tidur Anda

Kebiasaan Harian Yang Sebaiknya Anda Hindari

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading