Sukses

Beauty

Ini Lho Caranya agar Mudik Tetap Sehat & Nyaman

Libur mudik tahun ini mungkin akan segera tiba mulai pekan depan dan bagaimana dengan persiapan mudik Anda? Pasti Anda ingin mudik tahun ini nyaman, aman dan sehat bukan?

Atmosfer mudik tahun ini sepertinya sudah mulai terasa sejak H-11 ini, dengan ditandai jalan-jalan utama yang sudah mulai lengang dan antrian kendaraan umum yang mulai mereda.

Mungkin sebagian dari Anda sudah mulai mempersiapkan segalanya, mulai dari kendaraan, tiket transportasi umum dan keuangan Anda, tetapi sudahkan Anda mempersiapkan kesehatan Anda? Berikut 5 tip agar mudik Anda tetap nyaman dan sehat :

Jangan Lewatkan Sahur

Mudik pasti dilakukan pada saat berpuasa, maka dari itu manfaatkan waktu sahur sebaik mungkin dengan mengisi perut Anda dengan makanan bergizi.

Bukan alasan ketika mudik tidak berpuasa, walaupun memang ada kompensasi agama untuk tidak berpuasa pada saat melakukan perjalanan, namun apabila Anda mempersiapkan diri dengan baik, pasti mudik Anda tidak akan mengganggu ibadah puasa Anda.

Konsumsi Makanan Bergizi

Pilihlah makanan bergizi yang mengandung karbohidrat dan protein sebagai sumber tenaga ketika sahur. Konsumsi serat yang cukup dari sayur dan buah untuk menjaga pencernaan tetap sehat selama perjalanan. Namun hindari juga beberapa makanan yang mengakibatkan perut kembung seperti misalnya buncis, kubis, sawi putih, brokoli, bawang, dan telur.

Tetap Terhidrasi

Macet dan panas pasti akan menemani perjalanan mudik Anda dan rasa haus pun tak terelakan, agar terhindar dari haus dan dehidrasi pada saat mudik, disarankan agar mengonsumsi kadar air yang cukup pada saat sahur. Air bisa didapatkan bukan hanya dari air putih mineral saja, namun juga bisa Anda peroleh dari buah-buahan yang mengandung banyak air.

Berolahraga

Jika Anda menempuh perjalanan jauh, jangan lupa untuk berhenti sejenak untuk merenggangkan otot-otot Anda dan membuat tubuh Anda tetap bugar. Terlalu lama duduk dapat membuat otot tubuh kaku dan nyeri pada bagian tertentu. So, lakukan latihan peregangan singkat untuk melemaskan ketegangan selama perjalanan.

Cukup Tidur

Usahakan tidur minimal 6-8 jam sebelum melakukan perjalanan, karena dengan cukup tidur tenaga akan terkumpul dan tubuh Anda tidak lemas serta cepat merasa lelah ketika sedang dalam perjalanan khususnya bagi Anda yang mengemudi.

Bagi yang menggunakan kendaraan umum manfaatkanlah waktu perjalanan untuk tidur. Namun perlu juga diperhatikan posisi tidur agar terhindar dari kesemutan atau kram.

Well, sudah siap untuk mudik ? (boy)

BACA JUGA : 7 Cara ini Bisa Jadikan Liburan Anda Sehat & Menyenangkan

[initial]

(vem/df/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading