/kesehatan/29218-ikan-boleh-atau-tidak-boleh.html

Ikan: Boleh Atau Tidak Boleh?

Senin, 29 Juli 2013 17:45
(c) shutterstock

Vemale.com - Banyak ibu kesulitan menentukan untuk mengkonsumsi atau menghindari makan ikan laut. Di satu sisi, ikan laut sangatlah bemanfaat untuk kesehatan buah hati anda. Bahkan, ikan laut mengandung asam lemak omega-3, DHA, EPA, dan sejumlah nutrisi seperti protein, mineral dan vitamin D. Namun, penelitian juga menunjukkan bahwa ikan juga bisa membawa merkuri yang merupakan elemen berbahaya untuk kesehatan buah hati anda di dalam kandungan. Penelitian menemukan bahwa merkuri berpotensi tinggi untuk menyebabkan masalah pada pertumbuhan otak dan syaraf buah hati anda.


Lalu, bagaimana menghindari merkuri? Menghindari merkuri itu baik, Ladies. Namun tidak dengan menghindari makan ikan atau berhenti makan ikan sepenuhnya. Buah hati anda membutuhkan pasokan nutrisi yang diperlukannya untuk tumbuh dan berkembang selama dalam kandungan. Faktanya anda tidak bisa sepenuhnya menghindari merkuri karena merkuri ada di mana-mana, bahkan di dalam udara sekalipun.


Menurut babycenter.com, setiap ikan dan kerang pasti mengandung sedikit merkuri dalam tubuhnya karena merkuri, ketika masuk ke dalam tubuh ikan, tidak akan bisa dihilangkan bahkan hingga dimasak sekalipun. Yang bisa anda lakukan adalah mengurangi atau menghindari konsumsi ikan yang berada di rantai makanan yang tinggi. Predator atau ikan yang memakan ikan lainnya adalah yang memiliki kandungan merkuri terbesar dalam tubuhnya. Jenis-jenis ikan inilah yang harus anda hindari konsumsinya sama sekali.

Oleh: Mamor Adi P

(vem/tyn)


Rekomendasi Pilihan

Cara Perawatan Organ Kewanitaan Saat Menstruasi

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----

DON'T MISS IT
YOU NEED TO KNOW
KOMENTAR ANDA

MOST VIEWED ARTICLES
LOAD MORE


ZODIAK HARI INI

Capricorn

23 Januari - 29 Januari

Ada kesempatan baik untuk meningkatkan karier kamu. Tetap berpikir positif. Tidak ada salahnya kamu menerima kesempatan yang ada dengan sebaik mungkin.

Sedang terhimpit masalah ekonomi. Jangan stres duluan. Cobalah untuk lebih tenang dan jangan bersedih dulu. Semua pasti ada jalan keluarnya.