Sukses

Beauty

Apakah Khasiat Ubi?

Ubi atau yang dikenal dengan nama ilmiah Ipomoea batatas telah terbukti mengandung kandungan atau zat yang dapat digunakan sebagai antioksidan dan anti peradangan. Tumbuhan ini dikenal kaya dengan nutrisi – nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin A, C juga vitamin B6.

Namun, apa tepatnya khasiat ubi bagi kesehatan?

Tingginya kadar carotenoid dan phenolic pada ubi disinyalir merupakan zat – zat yang mempunyai potensi kuat sebagai zat anti kanker. Meskipun sudah lama dibicarakan memiliki potensi yang kuat, namun masih sedikit penelitian yang dilakukan untuk membuktikan hal tersebut.

Ubi ungu yang banyak dikonsumsi di daerah Asia dikenal mengandung zat antisianida dikenal bagus melawan perkembangan kanker usus besar. Selain itu, menurut sebuah penelitian yang berasal dari Jepang berhasil mengungkapkan bahwa konsumsi ubi dapat mengurangi risiko kanker ginjal, sedangkan sebuah penelitian dari India mengungkapkan manfaat ubi dalam mengalahkan kanker kandung empedu.

Menurut apa yang dikutip oleh foodforbreastcancer.com, dari hasil penelitian – penelitian yang sebelumnya sudah dilakukan dan berhasil mengungkapkan manfaat ubi dalam mengatasi sel kanker inilah para peneliti memiliki keyakinan bahwa ubi juga bisa mengalahkan sel kanker payudara. Namun, meski sudah disinyalir memiliki potensi, sampai saat ini belum ditemukan bukti ilmiah yang mengungkapkan adanya pengaruh yang diberikan ubi terhadap kanker payudara.

Nah, meskipun ubi adalah makanan murah, ternyata manfaatnya tak kalah hebat kan dibanding makanan mahal lainnya.


Oleh: Marintan Widi Lestari

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading