Sukses

Parenting

Tips Timbang Berat Badan Anak

Untuk beberapa orangtua yang sangat memperhatikan kesehatan anak, mengetahui perkembangan berat badan anak sangatlah penting. Hal ini untuk memastikan apakah berat badan anak dengan tinggi badannya ideal atau tidak.

Nah, masalahnya adalah, seringkali hasil timbangan di tempat yang satu dengan yang lainnya tidak selalu sama. Dan kita selalu percaya dengan hasil tersebut, namun apakah timbangan ini selalu akurat? Nah, Ladies, yuk cermati lagi ya.

Kalau seandainya memungkinkan, memang lebih nyaman dan akurat kalau kita memiliki timbangan sendiri di rumah. Apalagi kalau menggunakan timbangan digital, proses menimbang berat anak menjadi lebih tepat.

Terkadang, timbangan yang masih menggunakan skala kalau digunakan terus menerus akan semakin berkurang keakuratannya. Nah, beda dengan timbangan digital ini, menurut cdc.gov, keakuratannya sampai dengan 2 digit di belakang koma.

Karena terdiri dari 2 digit di belakang koma, sumber yang sama juga menyarankan untuk membulatkannya saja menjadi 1 angka di belakang koma.

Lebih baik jika timbangan digital ini diletakkan di lantai, lantai kayu ataupun keramik misalnya. Jangan meletakkannya di atas karpet ya.

Berikutnya, pastikan anak tidak memakai sepatu atau jaket yang terlalu tebal. Benda-benda yang dipakainya bisa saja menambah berat badan mereka yang sebenarnya.

Nah, berikutnya, apakah Ladies terbiasa memperhatikan posisi kaki mereka ketika berada di atas timbangan?

Yuk, mulai sekarang harus diperhatikan ya. Seringkali posisi kaki anak tidak tepat di tengah-tengah timbangan. Akibatnya, beban tidak terkumpul di tengah dan bisa mempengaruhi hasilnya. Untuk itu, usahakan agar posisi kaki anak tepat di tengah-tengah.

Sekarang mengerti kan bagaimana mengetahui berat badan mereka dengan akurat?

Oleh: Septia Ningrum

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading