Sukses

Parenting

Tambah Asupan ASI Untuk Bayi

Ladies, ternyata si Buah hati menunjukkan tanda-tanda kalau dia kekurangan ASI nih. Frekuensi buang air kecilnya menjadi berkurang. Selain itu, warnanya tidak lagi pucat, namun sedikit agak kekuningan dan lebih gelap.

Wah, kalau sudah begini, apa ya yang harus kita lakukan?

Breastfeeding.asn.au punya tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Yang pertama, pastikan bayi menyusu secara rutin. Kalau perlu, Ladies buat jadwal kapan dia harus menyusu.

Usahakan untuk menyusui si Kecil lebih sering, karena inilah cara yang paling sederhana untuk memberikan ASI yang cukup untuk pertumbuhannya. Pada beberapa bulan pertama, bayi harus disusui paling tidak sebanyak 6 kali dalam satu hari.

Namun, kebutuhan bayi memang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Ada juga yang harus disusui sampai dengan 8-12 kali selama satu hari untuk mendapatkan ASI yang cukup.

Yang terpenting adalah, ibu harus mengetahui seberapa banyak ASI yang dibutuhkan oleh anak. Sekiranya memang anak menunjukkan tanda-tanda kalau dia kekurangan ASI, ada baiknya kita cepat tanggap dengan memberikan tambahan ASI.

Jangan kemudian tergesa-gesa memberikan susu formula ya. Susu formula kurang baik untuk masa-masa awal perkembangan si Kecil.

Kalau memang anak sudah cukup diberi ASI, namun tetap menunjukkan tanda-tanda tersebut, ada baiknya segera hubungi dokter. Mereka akan menyarankan beberapa hal yang harus dilakukan. Semoga anak-anak kita selalu terjaga dalam kondisi yang sehat ya.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading