Sukses

Parenting

Penyebab Sakit Tenggorokan pada Anak

Penyebab sakit tenggorokan pada anak yang biasanya terjadi adalah virus dan bakteri. Virus dan bakteri ini dengan sangat mudah menyebar sehingga anak yang sehat dapat terinfeksi oleh anak yang sakit. Bagaimana caranya?

Ketika anak yang sedang sakit menyentuh hidung atau mulut mereka dan kemudian tangan tersebut digunakan untuk menyentuh anak lain, secara tidak langsung anak lain akan tertular penyakit. Cara tersebut merupakan cara penyebaran secara langsung.

Adapun cara penyebaran secara tidak langsung adalah ketika anak berbagi mainan dengan teman lain yang kebetulan sedang sakit. Ketika anak memegang mainan yang terinfeksi, anak akan tertular penyakit. Bukan hanya itu saja, penyebaran virus yang menyebabkan sakit tenggorokan ini juga dapat melalui barang-barang lain, seperti telepon atau knop pintu.

Berikut adalah beberapa penyebab sakit tenggorokan pada anak yang telah berhasil dirangkum dari www.uptodate.com:

• virus

Ada banyak macam virus yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan ada anak. Salah satu virus yang sering menyerang adalah virus yang menyebabkan anak terkena flu. Bukan hanya itu saja, beberapa virus penyebab sakit tenggorokan yang lainnya adalah adenovirus dan Epstein-Barr virus yang merupakan penyebab mononucleosis.

• grup A streptococcus

Grup A streptococcus merupakan nama bakteri penyebab sakit tenggorokan. Bakteri yang sering disebut GAS ini merupakan bakteri umum penyebab sakit tenggorokan di mana ada 30% dari kasus sakit tenggorokan disebabkan oleh bakteri GAS ini.

• penyebab selain virus dan bakteri

Penyebab lainnya adalah alergi (alergi rhinitis) dan kebiasan bernafas menggunakan mulut terutama ketika musim dingin.

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading