Apa Itu Kelahiran Prematur?

Sabtu, 27 Juli 2013 18:26



(c) shutterstock

Vemale.com - Selama ini pasti Anda sudah sering mendengar bayi yang lahir secara prematur. Tapi apa sih sebenarnya bayi lahir prematur itu?

Bayi prematur adalah bayi yang lahir sebelum waktunya. Bena, Ladies. Menurut wikipedia.org, bayi prematur adalah bayi yang lahir ketika kandungan berusia 37 minggu. Namun, bukanlah usia yang menjadi masalah, tetapi perkembangan organ tubuh bayi yang selalu menjadi faktor utama.

Pasalnya, bayi yang terlahir prematur sering kali belum siap untuk hidup di dunia. Organ-organ tubuh penting belum siap berkembang. Oleh sebab itu, banyak sekali bayi prematur yang mengalami komplikasi tepat setelah mereka lahir.

Setidaknya ada beberapa faktor resiko bagi kelahiran prematur. Walaupun begitu, faktor-faktor ini belum diketahui secara pasti. Pertama, kelahiran prematur bisa jadi disebabkan oleh latar belakang kesehatan ibu.

Biasanya, bayi prematur lahir kepada ibu yang cenderung masih sangat muda, atau ibu yang sudah lanjut usia. Dengan angka, maka bayi prematur lebih banyak dijumpai pada ibu hamil berusia di bawah 18 tahun, atau di atas 35.

Selain itu, kelahiran prematur juga bisa disebabkan oleh riwayat aborsi, dan kekurangan nutrisi.

Kemudian, ada juga beberapa faktor lain, seperti tinggi dan berat badan ibu juga bisa berpengaruh terhadap kelahiran prematur, walaupun penyebabnya belum diketahui secara ilmiah. Demikian pula dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa perempuan berkulit hitam memiliki angka kelahiran prematur lebih tinggi dibandingkan hispanik dan perempuan asia.

Nah Ladies, itulah beberapa fakta mengenai kelahiran prematur. Apa Anda punya fakta lagi? Tentu saja Anda bisa berbagi fakta itu di sini.

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/ova)







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Virgo

29 September - 5 Oktober
Ada tantangan bagi Anda di akhir minggu Tunjukkan bahwa memang Anda...