Sukses

Parenting

Bolehkah Makan Pedas Saat Menyusui?

Bagi yang suka pedas, kalau makan tidak pake cabai atau tidak ada pedas-pedasnya rasanya kurang mantap, iya kan? Tapi, jika Anda sedang menyusui, apakah masih boleh makan makanan pedas? Seberapa besar pengaruhnya untuk adik bayi yang menyusui?

Seperti yang diulas dalam livestrong.com, bahwa ibu menyusui yang mengkonsumsi makanan kaya rasa bisa bermanfaat bagi anak nantinya.Memang sih, jika makan makanan pedas atau kaya akan rempah-rempah, rasa dan aroma ASI juga akan berubah.

Makanan pedas dan kaya rasa yang Anda konsumsi bisa membantu bayi menerima rasa dan aroma baru pada makanannya seperti saat ia mencoba makanan pendamping ASI atau makanan padat.

Ambil saja contoh dari ibu-ibu yang ada Cina, Meksiko, Thailand, dan India yang sering mengkonsumsi makanan pedas, dimana makanan pedas itu juga termasuk makanan sehari-hari mereka. Banyak dari mereka tetap makan makanan pedas selama kehamilan sampai menyusui, dan tidak ditemukan ada gangguan pada bayinya gara-gara konsumsi makanan pedas.

Kalau Anda makan makanan pedas dan bayi menjadi rewel, menangis dan merasa tidak nyaman setelah minum susu, bisa jadi Anda kandungan cabai atau rempah-rempah yang Anda konsumsi terlalu banyak. Coba hindari makanan pedas selama 1-2 minggu, lalu perhatikan reaksinya.

Kalau memang sudah tidak ada masalah, maka kurangi kadar pedas makanan Anda untuk keesokan harinya agar adik bayi tidak rewel dan mau terus minum ASI lagi. Karena ada beberapa bayi memang yang rewel kalau ASInya terasa berbeda.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading