Sukses

Beauty

Mengapa Berat Badan Naik Setelah Berhenti Merokok?

Berat badan naik adalah hal normal yang akan dialami seseorang yang sudah berhenti merokok. Hal ini terjadi karena nikotin yang terkandung pada rokok dapat menekan nafsu makan dan menyebabkan seseorang merasa kenyang. Saat sudah lepas dari efek nikotin, rasa kenyang yang dikirim otak berjalan normal, sehingga jumlah asupan makanan lebih banyak.

Hal tersebut dibuktikan dalam sebuah penelitian yang ditulis dalam jurnal Science. Karena nikotin dapat menghambat rasa lapar, tidak heran jika para perokok sering merasa kenyang walaupun hanya makan sedikit atau bahkan saat dia belum makan. Rata-rata kenaikan berat badan setelah berhenti merokok adalah 5 kilogram.

Angka kenaikan berat badan tersebut masuk kategori sedang, namun sering dijadikan alasan seseorang (terutama wanita) untuk tidak mau berhenti merokok karena takut gemuk. Untuk mengatasi kenaikan berat badan setelah berhenti merokok, Anda bisa melakukan hal-hal ini:

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Berhenti merokok akan membuat sistem kerja tubuh lebih baik. Di masa seperti ini, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi makanan sehat ketimbang memilih makanan instan, fast food atau gorengan. Perbanyak konsumsi buah kaya air agar Anda merasa kenyang lebih lama tanpa memasukkan banyak kalori ke dalam tubuh.

Banyak Bergerak

Kalori yang masuk ke tubuh lebih banyak dari biasanya, maka Anda harus aktif bergerak jika ingin membakar kalori tersebut. Tidak perlu olahraga berat, Anda bisa mencoba berenang tiga kali seminggu atau jalan pagi selama 20 menit.

Selamat jika Anda sudah berhasil berhenti merokok. Semoga Anda tetap dalam kondisi sehat dan tidak lagi menyentuh rokok.

BACA JUGA:

Agar Hemat Air, Manusia Harus Belajar Minum Keringat

Pakai Sandal Jepit Dapat Menyebabkan Nyeri Kaki

Menyanyi Bersama Sehat Untuk Jantung dan Paru-Paru

Turunkan Berat Badan Mengurangi Risiko Diabetes

Nonton TV Sambil Ngemil Adalah Penyebab Kegemukan

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading