Sukses

Parenting

Tanda Anak Kurang Tidur

Kebanyakan orang tua menganggap remeh jumlah tidur yang dibutuhkan anak. Atau bahkan orang tua merasa anak yang tidur siang merupakan anak pemalas. Apakah Anda termasuk orang tua seperti itu?

Dilansir dari situs kidshealth.org Anda perlu memperhatikan tingkah laku anak untuk mengetahui jika anak Anda kurang tidur. Karena sesungguhnya kurang tidur dapat membuat anak merasa pusing, dan mengganggu aktifitas sekolah mereka.

Coba tanyakan pada diri Anda sendiri apakah anak Anda sering mengantuk di siang hari? Apakah ia gampang marah di sore hari? Apakah Anda susah membangunkannya di pagi hari? Apakah anak Anda tidak sabaran, terlalu aktif dan agresif? Apakah ia susah fokus pada pekerjaan sekolahnya dan tugas-tugas lainnya?

Jika Anda mengamini semua pertanyaan tersebut, berarti Anda perlu memperhatikan lagi jadwal tidur anak. Anda mungkin perlu memberinya waktu untuk tidur siang atau membiarkannya tidur lebih awal di malam hari. Perlu waktu beberapa minggu untuk membiasakan anak dengan jadwal tidur anak yang baru Anda buat. Akan tetapi Anda perlu sabar membimbingnya untuk mendapatkan tidur yang cukup.

Jika Anda masih merasa khawatir perihal pola tidur anak, Anda bisa membicarakannya dengan dokter. Kurang tidur memang bukanlah sebuah penyakit, akan tetapi jika dibiarkan begitu saja bisa mengganggu aktifitas bahkan pertumbuhan anak.

Yuk jadi orang tua yang baik dengan memberikan waktu istirahat yang cukup buat anak. Memberi waktu istirahat bukan berarti membiarkan anak bermalas-masalan lho!

Oleh: Atik Ulinuha

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading