Sukses

Parenting

Suara Anak Laki-Laki Berubah?

Kemarin, suara anak laki-laki Anda terdengar seperti biasanya, seperti layaknya suara anak laki-laki pada umumnya. Tetapi hari ini, Anda mendengarkan suaranya yang pecah untuk pertama kalinya. Dia tengah memasuki masa pubernya dan beberapa hal dari dirinya juga mulai berubah.

Bersamaan dengan perubahan fisik yang terlihat dengan jelas, suaranya pun akan mulai terdengar sangat jauh berbeda. Untuk sementara, dia mungkin akan kesulitan untuk mengendalikannya dan dia juga akan mulai bersuara aneh ketika dia mencoba untuk berbicara.

Menurut kidshealth.org, larynx, atau kotak suara, adalah organ yang menyebabkan suara aneh itu. Karena tubuh mengalami puber, larynx juga mulai membesar dan bertambah tebal. Hal tersebut sebenarnya terjadi pada anak laki-laki dan anak perempuan tetapi perubahan tersebut jauh lebih terlihat pada anak laki-laki. Suara anak perempuan hanya bertambah dalam beberapa nada dan perubahan itu sulit sekali untuk dikenali. Sedangkan pada suara anak laki-laki, perubahan tersebut sangat signifikan dan suara bertambah sangat dalam.

Selain perubahan pada larynx, pita suara juga bertambah panjang dan tebal. Ditambah lagi, tulang wajah juga mulai tumbuh. Lubang hidung, hidung, dan bagian belakang tenggorokan juga bertambah besar sehingga menciptakan lebih banyak ruang pada wajah yang mana dapat meberikan lebih banyak ruang untuk suara supaya bisa bergetar.

Proses perubahan suara berlangsung hanya sekitar beberapa bulan. Segera setelah larynx berhenti tumbuh, suara anak laki-laki Anda tidak akan menghasilkan suara aneh itu lagi.

Penulis: Ratih Kristianasari

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading