Sukses

Parenting

Ruam Popok Pada Bayi, Apa Penyebabnya?

Ladies, pernahkah anak Anda mengalami ruam popok seperti memerahnya kulit pada pantat bayi? Ruam popok adalah kondisi yang sangat umum yang dialami oleh bayi. Jika bayi Anda rewel, bisa jadi ada ruam bekas popok di pantatnya. Ruam yang ia alami sering kali membuat si bayi kesakitan loh, maka dari itu jangan heran jika si bayi akan menjadi lebih rewel.

Ruam itu terjadi karena kulit teriritasi oleh popok yang kotor karena terlalu lama diganti, gesekan pada popok, deterjen yang tidak cocok, sabun, atau kulit bayi yang sensitif. Lapisan plastik pada popok juga dapat menjadi salah satu penyebabnya loh. Karena sirkulasi udara tidak lancar dan kulit bayi menjadi lembab sehingga menimbulkan iritasi karena jamur yang berkembang.

Menurut kidshealth.org pengenalan makanan baru kepada anak juga dapat menghasilkan tinja yang berbeda dan frekuensi lebih banyak atau bahkan diare ya Ladies. Nah diare itulah yang memperburuk ruam popok nih.

Ruam popok dapat berlansung selama beberapa hari loh. Bentuk ruam biasanya merah, sedikit mengelupas dan terdapat bintik-bintik merah disekitarnya. Biasanya, ruam itu berada di lipatan kulit daerah pinggiran popok.

Nah, jika ruam sudah terjadi antibiotik perlu diberikan untuk si kecil ya. Tujuannya untuk membunuh bakteri-bakteri yang tumbuh dan mencegah agar bakteri tersebut tidak berkembang lagi.

So, perhatikan baik-baik ya Ladies.

Oleh Gilang Pratiwi

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading