Sukses

Parenting

Dapatkah Cuaca Mempengaruhi Asma Anak Saya?

Dampak cuaca pada kemunculan asma masih belum juga bisa dipahami sepenuhnya. Namun, yang jelas adalah terdapat hubungan antara kondisi cuaca dan asma. Kidshealth.org menyatakan bahwa telah banyak penelitian yang menunjukkan berbagai hubungan antara kedua faktor tersebut.

Contoh dari hubungan tersebut antara lain adalah meningkatnya jumlah kunjungan di UDG rumah sakit yang disebabkan oleh asma ketika kondisi cuaca tertentu tidak terjadi. Beberapa orang menyadari bahwa gejala asma mereka memburuk pada waktu tertentu dalam kurun waktu satu tahun. Beberapa yang lain menyatakan bahwa angin yang cukup kencang atau perubahan cuaca yang terjadi sangat cepat dapat memicu munculnya asma mereka.

Udara yang panas dan lembab juga dapat memicu munculnya gejala asma. Sebaliknya kondisi cuaca yang basah juga dapat mempercepat pertumbuhan spora jamur yang merupakan penyebab lain terjadinya asma. Di beberapa daerah tertentu, panas dan sinar matahari yang dikombinasikan dengan polusi udara dapat menyebabkan level ozon rendah yang juga dapat memicu munculnya asma.

Jika Anda memiliki anak yang menderita asma, perhatikanlah apakah munculnya asma anak Anda disebabkan oleh kondidi cuaca atau tidak. Jika iya, cobalah batasi kegiatan anak Anda di luar rumah ketika cuaca berada pada kondisi tertentu yang mana dapat memicu munculnya asma Anak Anda dengan mudah, terutama ketika cuaca berangin kencang mengingat banyak debu dan serbuk bunga yang beterbangan karena angin.

Penulis: Ratih Kristianasari

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading