Sukses

Parenting

Ikan dan Makanan Laut Asap, Amankah Dikonsumsi Ketika Hamil?

Masa hamil identik dengan pemilihan makanan dan pengaturan pola makan. Bagi Anda yang suka memakan ikan, Anda termasuk yang beruntung karena ikan dianjurkan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Seperti yang telah diketahui, ikan mengandung asam lemak omega-3 yang baik bagi pertumbuhan otak janin. Tetapi apakah semua jenis ikan yang dimasak selalu aman bagi ibu hamil? Bagaimana dengan ikan dengan proses pengasapan?

Memang ikan atau makanan laut yang dimasak dengan cara diasap mengandung banyak protein dan vitamin termasuk vitamin A, D, B12, dan B6. Tidak hanya itu, ikan asap juga menjadi sumber kalsium, zinc, zat besi, fosfor, potassium, iodin, dan selenium yang diperlukan tubuh pada masa kehamilan.

Selain itu, ikan asap juga mengandung sedikit lemak jenuh. Hanya saja, satu-satunya ikan atau makanan laut yang melalui proses pengasapan dan aman untuk dimakan adalah ikan kalengan. Selain ikan atau seafood kalengan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Ternyata ketika ikan dan makanan laut dimasak dengan cara diasap, besar kemungkinan mereka mengandung listeria yang dapat menginfeksi Anda yang memiliki listeriosis. Kondisi ini akan berpotensi membahayakan bagi kesehatan kehamilan dan janin.

Belum lagi, selama proses pengasapan pastinya ikan dan makanan laut tersebut diberi garam ekstra yang bisa memicu tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Ketika kandungan sodium dalam tubuh meningkat, bisa jadi Anda mengalami komplikasi kehamilan.

Namun, babymed.com memberi saran agar Anda tidak begitu saja mengonsumsi ikan asap yang telah disimpan di kulkas, kecuali jika cara penyajiannya dimasak terlebih dahulu.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading