Kelebihan Produksi ASI

Rabu, 24 Juli 2013 19:53



(c)shutterstock

Vemale.com - Ketika beberapa ibu menyusui merasa khawatir bahwa bayi mereka kekurangan ASI,banyak ibu lainya malah mengkhawatirkan ASI yang berlimpah. Memiliki payudara yang dapat menghasilkan ASI yang terlalu berlebih dapat sangat membuat stres dan tidak nyaman, baik bagi ibu maupun bayi.

Womenshealth.gov menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah Anda sendiri mampu mengatasi jumlah ASI yang terlalu berlimpah. Untuk mengatasi jumlah ASI berlimpah, Anda dapat melakukan beberapa hal yang sebenarnya mudah dan dapat membantu Anda serta bayi Anda merasa lebih nyaman selama proses menyusui. Pertama, biarkan bayi Anda menyusu pada satu payudara untuk sekali minum.

Lanjutkan pemberian ASI pada payudara yang sma selama paling tidak 2 jam hingga pemberian ASI untuk makan yang sebenarnya. Secara bertahap, biarkan bayi Anda menyusu lebih laam. Kedua, jika payudara yang satunya sudah benar-benar penuh sebelum bayi Anda ingin minum ASI lagi, keluarkan ASI tersebut untuk mengurangi tekanan yang ditimbulkan oleh ASI berlimpah Anda. Anda dapat juga menggunakan kompres dingin atau kain basah untuk mengurangi ketidaknyamanan dan bengkak karena ASI yang berlimpah.

Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah memberikan ASI pada bayi Anda sebelum dia menunjukkan tanda-tanda lapar. Ini Anda lakukan untuk menanggulangi penyusuan yang berlebihan. Ingat, semakin agresif bayi Anda menyusu, semakin besar kemungkinan Anda menghasilkan ASI yang lebih banyak.

Terakhir, cobalah posisi yang dapat menghalangi gravitasi mempercepat pengeluaran ASI anda, dengan posisi tidur misalnya.

Penulis: Ratih Kristianasari

(vem/sfg)







ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

29 September - 5 Oktober
Khawatir akan masa depan memang sah-sah saja Ladies namun Anda harus...