Sukses

Parenting

Benarkah Bayi Bisa Menyapih Dirinya Sendiri

Menyapih adalah fase yang perlu dilewati oleh bayi dan ibunya. Menyapih perlu dilakukan agar bayi bisa terbiasa makan makanan selain air susu ibu. Menyapih bisa jadi mudah untuk dilakukan dan bisa juga susah. Setiap bayi itu unik dan memiliki ikatan yang berbeda-beda dengan susu ibunya. Lalu, benarkah bayi bisa menyapih dirinya sendiri?

Beberapa kasus menunjukkan bahwa bayi bisa menyapih dirinya sendiri ketika masuk dalam usia 4-7 bulan. Secara medis, ahli kesehatan tidak bisa menemukan penyebab dari kejadian ini. Normalnya bayi akan tetap minta disusui hingga pada masuk pada tahun pertamanya, sehingga ketika mereka tiba-tiba berhenti minum susu ibunya tanpa alasan yang jelas, hal ini bisa menimbulkan kekurangan nutrisi.

Menurut life.familyeducation.com, bayi bisa saja tiba-tiba berhenti minum air susu ketika ibunya tidak bisa memberikan cukup air susu untuk dikonsumsi atau bayi sudah diperkenalkan pada susu formula. Pemberian susu formula pada bulan-bulan awal seringkali membuat bayi lebih memilih susu formula ketimbang air susu ibunya.

Memberikan air susu lewat botol juga akan mempengaruhi hilangnya ketertarikan buah hati anda pada payudara dan air susu anda, Ladies. Maka dari itu, para ahli cenderung menyarankan untuk menunda memberikan air susu formula hingga setidaknya 6 bulan pertama dan buah hati anda biasanya akan masuk dalam masa penyapihan pada bulan ke-9 atau 10.

Mamor Adi P
   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading