Sukses

Parenting

Tips Mengenali dan Mencegah Cacingan pada Anak

Apakah anak anda sering mengalami cacingan namun anda tidak tahu bagaimana mengenali dan mencegahnya? Ada baiknya anda menyimak penjelasan dari wikihow.com berikut ini.

1.Sadari siapa saja yang beresiko terinfeksi cacing
Ketika bermain bersama teman-temannya, anak anda memiliki kemungkinan untuk terinfeksi cacing. Lingkungan yang tidak sehat juga memperbesar kemungkinan telur cacing masuk ke tubuh anak.

2.Pahami bagaimana cacing masuk ke tubuh manusia
Dengan mengetahui bagaimana cacing masuk ke tubuh anak, anda dapat lebih waspada akan tempat-tempat yang berpotensi menginfeksi anak.

3.Waspadalah pada tanda-tanda infeksi pada daerah anus.
Dengan mengetahui apabila anak sering menggaruk anus, anda dapat segera mengetahui apakah anak terinfeksi cacing dan berkonsultasi pada dokter.

4.Cek keberadaan cacing
Anda dapat mengecek adanya cacing dengan mata telanjang di celana dalam anak dan di kloset kamar mandi.  

5.Kenali macam-macam cacing.
Apabila anda mendapati anak cacingan, dokter akan memberikan alat medis untuk mengambil sampel cacing melalui anus anak sehingga dokter dapat melakukan tindak lanjut untuk membasmi cacing pada usus anak.

6.Budayakan hidup bersih
Pastikan anak selalu mencuci tangannya sebelum makan, setelah buang air besar, dan setelah bermain tanah. Jangan biarkan anak memiliki kebiasaan menggigit jari. Selain itu, pastikan anak tidak suka makan di tempat tidur karena hal tersebut akan memicu masuknya telur cacing pada tubuh anak.

Oleh: Nastiti Primadyastuti



(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading