Sukses

Parenting

Permasalahan Terkait Tingkah Laku Anak dengan ADHD

Seperti yang diketahui secara umum, anak yang memiliki ADHD memiliki beberapa gejala umum, seperti susah berkonsentrasi, hiperaktif, dan sering bertindak tanpa berfikir. Gejala tersebut terjadi pada anak dalam kurun waktu minimal enam bulan. Terlebih, lagi gejala tersebut sudah diketahui oleh masyarakat secara umum.

Di balik gejala umum tersebut di atas, www.netdoctor.co.uk mencatat bahwa permasalahan-permasalahan mungkin muncul pada anak dengan ADHD. Anak mungkin saja sulit untuk mengontrol kemarahaan mereka dalam beberapa setting, memiliki masalah saat tidur, dan mungkin terlihat ceroboh.

Selebihnya, permasalahan terkait tingkah laku anak dengan ADHD meliputi hal-hal yang terangkum di www.netdoctor.co.uk di bawah ini:

•    tingkah laku yang konfrontasi dan menentang, hal ini terjadi pada 60% anak. Anak kehilangan kontrol dan kemudian marah, beragumen, dan menolak untuk menuruti apa yang dikatakan oleh orang lain. Hal ini seringkali membuat orang lain merasa jengkel.

•    tingkah laku yang kacau pada anak terjadi pada 25% anak. Anak suka menghancurkan sesuatu dan bahkan melakukan hal-hal yang tidak baik, seperti berbohong, tidak mematuhi peraturan, dan mencuri.

•    kesulitan tertentu dalam pembelajaran, seperti dyslexia (kesulitan untuk membaca dan mengeja) yang terjadi 25-30% pada anak.

•    depresi yang parah terjadi pada 33% anak.

•    rasa gelisah dan kecemasan terjadi pada 30% anak.

Selain susah berkonsentrasi, hiperaktif, sering bertindak tanpa berfikir, anak dengan ADHD dapat memiliki permasalahan tingkah laku yang tersebut di atas. Berwaspadalah.

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih
   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading