/kesehatan/28546-masa-puber-pada-anak-perempuan-dan-laki-laki.html

Masa Puber Pada Anak Perempuan dan Laki-Laki

Rabu, 24 Juli 2013 17:16



(c)shutterstock

Vemale.com - Masa pubertas biasanya diartikan sebagai masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Tentunya masa ini merupakan masa krusial bagi anak dan juga orang tua. Untuk itu, sebagai orang tua, setidaknya perlu mengetahui kapan masa pubertas pada anak-anak mereka akan berlangsung.

Seperti dilansir oleh healthychildren.org, masa puber pada anak perempuan dan laki-laki memang berbeda. Anak perempuan biasanya akan mengalami masa pubertas rata-rata pada usia 10 tahun. Sedangkan anak laki-laki, akan mengalaminya satu tahun lebih lambat dibandingkan dengan anak perempuan.

Meski begitu, hal itu bukanlah acuan pasti. Pasalnya ada sejumlah anak yang mengalami masa pubertas lebih cepat, perempuan 8 tahun dan laki-laki 9 tahun, da nada pula yang sangat lambat, perempuan 14 tahun dan laki-laki 15 tahun.

Hal yang perlu diperhatikan tentu saja adalah tanda-tanda dari masa puber itu sendiri. Tanda pertama yang sangat Nampak dari anak perempuan adalah mulai terbentuknya payudara. Ini merupakan tanda pertma terjadinya pubertas.

Setelah itu, anak perempuan akan mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan seperti tinggi badan, berat badan, otot dan berbagai bagian lain. Selang dua tahun dari tanda-tanda awal tersebut barulah wanita akan mengalami menstruasi yang bisanya akan terjadi sebelum usia 13 tahun.

Sedangkan pada anak laki-laki, perubahan  yang terjadi adalah adanya pembesaran pada testis dan warna skortum atau kandung kemih menjadi lebih kemerahan. Selain itu pertumbuhan pesat pun juga terjadi pada anak laki-laki.

Meski begitu, ciri-ciri tersebut biasanya akan terjadi kapanpun pada saat anak laki-laki menginjak usia 9 hingga 14 tahun.

Wahyu Wienanda

(vem/sfg)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Libra

27 Oktober - 2 November
Anda mengalami kegalauan di bidang karir Ladies Anda harus lebih banyak...