Sukses

Parenting

Beberapa Penyabab Penyakit Kuning pada Anak-anak

Penyakit kuning adalah penyakit yang diindikasikan dengan menguningnya beberapa bagian tubuh seperti kulit, bagian putih pada mata dan juga kelenjar ludah. Penyebab menguningnya bagian-bagian tubuh tersebut disebabkan oleh kadar bilirubin di dalam tubuh yang terlalu tinggi. Bilirubin adalah produksi sampingan dari sel-sel darah merah yang ada di dalam tubuh.

Seperti yang dijelaskan dalam nlm.nih.gov, terdapat banyak sekali penyebab terjadinya penyakit kuning ini pada anak-anak. Beberapa penyebab umum terjadinya penyakit ini pada anak-anak adalah adanya infeksi yang disebabkan oleh virus dalam hati seperti hepatitis A, B, C, D dan E; batu empedu; dan kanker pada pankreas.

Selain penyebab-penyebab umum tersebut, terdapat beberapa penyebab lain yang dapat anda lihat pada anak-anak anda jika ia mengidap penyakit ini. Penyebab-penyebab ini adalah penyakit yang sudah diderita sejak lahir yang melibatkan bilirubin seperti sindrom Gilbert, sindrom Dubin-Johnson, sindrom Rotor atau sindrom Crigler-Naja; tanpa sengata memakan jamur yang beracun, hepatitis autoimun, kerusakan pada hati, dan penggunaan terlalu banyak obat.

Mengingat penyebab-penyebab penyakit kuning ini sangat banyak, anda sebagai orang tua harus jauh lebih waspada lagi dalam hal kesehatan anak-anak anda. Meskipun penyakit ini terdengar sederhana, tetap selalu ingatlah sebuah pepatah yang berkata “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Selalu aplikasikanlah pepatah ini untuk menjaga kesehatan anak-anak anda.

Oleh    : Meilia Hardianti

   

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading