Sukses

Parenting

Makanan dan Minuman untuk Anak yang Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan memang sangat menyiksa, terutama bagi anak. Sakit yang menjalar di tenggorokan ini dapat menyebabkan anak enggan untuk makan dan minum. Hal ini dikarenakan rasa sakit yang dirasakan ketika cairan atau makanan masuk melalui tenggorokan.


Rasa enggan untuk makan dan minum ketika sakit tenggorokan tentu saja akan memperparah kondisi kesehatan anak. Selain asupan gizi yang berkurang, anak juga akan rentan mengalami dehidrasi. Bagaimana solusi untuk hal ini?
Seperti yang terangkum di www.coldflu.about.com, meminum minuman hangat atau makan sup hangat dapat melegakan tenggorokan. Karena tidak memicu rasa sakitdi tenggorokan, minuman hangat dan sup hangat juga akan lebih mudah untuk masuk ke dalam tubuh. BUkan hanya itu saja, the hangat dengan madu juga dapat dikonsumsi.


Meminum teh hangat yang dicampur dengan madu juga membantu anak untuk melegakan rasa sakit di tenggorokan. Namun, yang perlu diingat adalah, madu hendaknya tidak diberikan kepada anak yang masih berusia di bawah satu tahun. Seperti yang terungkap di www.uptodate.com, madu dapat menyebabkan botulism poisoning (keracunan) pada anak di bawah 12 bulan ini.


Selain makanan dan minuman hangat, makanan dan minuman yang dingin seperti es krim atau milkshake dapat juga melegakan tenggorokan. Makanan dan minuman ini merupakan obat yang baik bagi anak yang memiliki sakit tenggorokan. Namun, jangan biarkan anak mengkonsumsi makanan dan minuman panas karena dapat membuat tenggorokan mereka mengalami iritasi.


Intinya, makanan dan minuman hangat dan dingin disarankan namun tidak pada minuman dan makanan yang panas. Semoga bermanfaat.

Oleh: Ninuk Retna Sumiarsih

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading