Sukses

Parenting

Adakah Pengobatan Untuk Anak down Syndrome?

Siapa bilang bahwa anak yang mengalami down syndrome tidak bisa mandiri dan hidup produktif? Meskipun memang belum ada obat-obatan untuk menyembuhkan down syndrome, namun beberapa terapi khusus untuk anak-anak down syndrome dapat membuat motor skill mereka berkembang dengan baik, sehingga mereka bisa hidup normal seperti anak-anak pada umumnya.

Seperti yang dikutip children.webmd.com, anak-anak yang lahir dengan down syndrome mengalami kecacatan mental dengan level yang cukup rendah. Mereka akan belajar beberapa tahapan-tahapan perkembangan seperti duduk, berjalan, dan membersihkan diri seperti layaknya anak-anak normal. Namun tentu saja mereka melakukannya dengan lebih lambat.

Anak-anak yang mengalami down syndrome harus selalu dipantau kesehatan penglihatan dan pendengarannya. Oleh karena itu pengecekan penglihatan dan pendengaran harus dilakukan secara rutin.

Selain itu, pengecekan gangguan fungsi kelenjar tiroid dan imunisasi juga perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan anak-anaak penderita down syndrome.

Sekedar informasi bagi ladies, meskipun anak-anak down syndrome hidup dalam keterbatasan, namun tak lantas mereka dikucilkan dari masyarakat. Undang-undang yang diterapkan di beberapa Negara, misalnya Amerika, memberi peraturan dengan tegas bahwa penderita down syndrome memiliki kedudukan yang sama dengan warga Negara pada umumnya.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading