Sukses

Parenting

Rawat Payudara Sejak Kehamilan Agar ASI Lancar

Ladies, jika anda sedang hamil tua namun payudara anda tidak memiliki gejala mengeluarkan ASI, jangan panik. Tubuh wanita tercipta dengan begitu sempurna dan ajaib sehingga tubuh anda akan dengan sendirinya mulai menghasilkan ASI semenjak usia kehamilan16-22 minggu. Oleh karena itu, ada beberapa wanita yang sudah bisa mengeluarkan ASi saat masih hamil.

Meskipun demikian, menurut angelfire.com, ada pula wanita yang baru bis amengeluarkan ASI pasca persalinan. Hal tersebut tidak menggambarkan kemampuan si ibu untuk menyusui. Ketika seorang wanita melahirkan dan saat plasenta dikeluarkan dari rahim, maka saat itulah ASi normalnya akan keluar dalam bentuk kolostrum.

Merawat payudara sejak masa kehamilan bisa dilakukan agar ASI anda lebih lancar keluar. Cara merawat payudara adalah dengan membersihkan puting dengan kapas yang sudah dicelup air hangat sehari dua kali. Lebih baik lagi pada saat anda mandi. Anda tidak perlu membersihkannya dengan sabun ataupun baby oil karena areola atau area gelap di sekitar puting akan secara otomatis menjaga kelembaban areola dari kalenjar di dalamnya.

Selain dengan membersihkan payudara, anda bisa juga melakukan pemijatan pada payudara anda untuk memperlancar keluarnya ASI. Nah pijatnya jangan dilakukan sembarang ya. Pijat lembut payudara anda dari bagian tepi payudara ke area puting secara teratur. Lakukan setiap hari selama masa kehamilan untuk memperlancar ASI anda keluar.

Oleh: Asa Pilar

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading