Sukses

Parenting

Operasi Caesar Merupakan Faktor Keturunan?

Para calon ibu, terutama yang akan melahirkan anak pertama pasti memiliki berbagai pertanyaan terkait dengan masa kehamilan maupun proses kelahiran. Mungkin Anda pernah merasa penasaran bagaimana proses kelahiran si buah hati kelak. Ada kalanya pikiran atau rasa penasaran tersebut menggelitik saraf Anda dan menimbulkan rasa was was akan proses kelahiran nanti.

Kekhawatiran Anda juga mungkin meningkat ketika mengetahui ada riwayat operasi Caesar pada keluarga Anda. Seperti dilansir oleh babycenter.com, terkadang Anda bertanya-tanya apakah Anda akan mengalami operasi Caesar jika ibu Anda dulunya juga melahirkan dengan cara operasi.

Tenang saja, jawabannya adalah tidak. Proses kelahiran dengan cara operasi tidak akan menurun. Pada dasarnya operasi Caesar dilakukan ketika proses kelahiran secara normal dapat membahayakan nyawa ibu atau bayi di dalam kandungan.

Jika ibu Anda kebetulan melahirkan dengan cara operasi, belum tentu Anda harus menjalani proses yang sama. Faktor operasi tidak akan menurun pada Anda. Kecuali jika ada faktor kesehatan yang dapat diturunkan, seperti resiko pre-eklamsi, gen kembar, masalah pada plasenta dan beberapa faktor kesehatan lainnya.

Riwayat kesehatan inilah yang kemungkinan besar dapat menurun. Ketika ibu Anda memiliki masalah pada masa kehamilannya dan harus melahirkan melalui operasi, bisa jadi Anda harus melakukan proses yang sama karena faktor kesehatan yang mungkin muncul pada Anda. Jika Anda ragu-ragu,lebih baik segera diskusikan dengan dokter yang menangani Anda.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading