/kesehatan/28433-faktor-penyebab-wasir-saat-hamil.html

Faktor Penyebab Wasir Saat Hamil

Selasa, 23 Juli 2013 23:17



(c) shutterstock

Vemale.com - Wasir atau yang biasa disebut dengan ambeyen adalah membengkaknya pembuluh darah balik di area sekitar anus. Pembengkakan ini biasanya terjadi karena proses keluarnya feses yang sulit. Saat hamil, sangat umum seorang wanita mengalami wasir. Nah, tapi tahukah anda tentang penyebab wasir pada wanita hamil? Berikut penjelasannya menurut babycanter.com.

Utamanya pada wanita hamil, wasir sering disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh. Saat masa kehamilan, produksi hormon progesterone meningkat yang berguna untuk menahan janin di dalam kandungan. Di saat itu pula, hormon progesterone menghambat gerakan dari otot pencernaan. Padahal gerak peristaltic tersebut sangat membantu untuk perjalanan makanan dari usus hingga saluran pembuangan.

Selain itu, karena ukuran perut yang membesar, maka sejumlah pembuluh darah di sekitar perut dan panggul terdesak kea rah sekitar. Volum dan aliran darah pun menjadi terhambat. Wasir juga mungkin terjadi karena konsumsi zat besi yang berlebihan. Memang zat besi baik untuk penderita anemia namun tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Beban janin yang dikandung oleh ibu hamil juga tidak ringan sehingga sangat mungkin membuat lambung dan rahim saling berhimpitan. Jika sudah begini, tekanan sedikit saja pada anus akan menyebabkan pembuluh darah pecah dan terjadi wasir.

Untuk menghindari wasir, anda perlu mengonsumsi makanan yang berserat seperti buah-buahan dan sayuran, minum susu atau yogurt yang dapat membantu kerja usus lebih aktif dan menghindari ngeden saat buang air besar untuk menghindari pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar anus.

Oleh: Asa Pilar

(vem/tyn)

----
Anda punya kisah inspirasi (cinta, pernikahan, persahabatan, keluarga, dll) atau punya tips keren seputar wanita? Silakan kirim ke redaksivemale@kapanlagi.net.

Share your story and let's be friends with Vemale.com :)
----






ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Sagitarius

22 Desember - 28 Desemebr
Anda mungkin tidak akan menjalani hari yang baik di awal minggu...