Sukses

Beauty

Setelah Mastectomy, Tempuh Rawat Jalan

Mastectomy, sudah ditetapkan sebagai standard treatment, yang artinya operasi ini sudah sangat umum dilakukan dan prosedurnya sudah terstruktur dengan baik. Nah, seringkali mastectomy dipilih penderita sebagai upaya penyembuhan kanker payudara.

Pertanyaan selanjutnya, apa saja yang harus dilakukan oleh pasien setelah operasi ini selesai dilakukan?

Nah, menurut ucsfhealth.org, setelah menjalani operasi, penderita harus tetap menjalani rawat jalan untuk terus memantau perkembangan kesehatannya. Sebenarnya, pemantauan ini sangat bergantung dari catatan kesehatan Ladies secara keseluruhan. Kalau menunjukkan tanda-tanda proses recovery berjalan dengan cepat, maka tidak perlu ada yang dikhawatirkan. Dokter juga akan tetap melakukan follow-up.

Namun, kalau memang keadaannya membutuhkan perawatan yang lebih intens, tentu frekuensinya akan ditambah. Selain keadaan penderita secara keseluruhan, rawat jalan yang dibutuhkan juga tergantung dari jaringan yang diangkat.

Untuk itu, pasien yang baru saja menjalani mastectomy akan membutuhkan proses recovery yang lebih lama, yang secara otomatis, membutuhkan follow-up yang lebih intens. Dalam proses rawat jalan itu, ada beberapa hal yang juga harus kita perhatikan nih Ladies. Terutama yang berkaitan dengan luka bekas operasi. Selama luka belum mengering, kita harus mengikuti semua anjuran dokter. Kalau tidak, bisa-bisa malah terjadi infeksi.

Nah, bicara soal infeksi, kita harus lebih peka lagi nih dengan tanda-tandanya. Kalau menemukan hal yang janggal, segera konsultasikan ke dokter ya, sebelum infeksi semakin menjadi parah.

Perhatikan juga aktivitas mana yang boleh dan tidak boleh kita lakukan. Baju yang kita pakai pun juga tak boleh sembarangan, misalnya kapan kita boleh mulai memakai bra lagi, dan sebagainya.

Oleh: Septia Ningrum

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading