Sukses

Beauty

Beginilah Efek Soda Pada Ginjal

Minuman berkarbonasi telah ditetapkan sebagai 'musuh' bagi pelaku diet dan mereka yang ingin menurunkan berat badan/ Pemanis buatan yang digunakan di dalamnya dikatakan beberapa penelitian dapat menyebabkan kegemukan. Apapun itu labelnya, baik diet soda maupun tidak memang dianjurkan dihindari saja.

Penelitian terbaru malah menunjukkan efek soda bagi ginjal. Yang kabarnya juga dapat memicu kanker serta kerusakan pada ginjal.

Adanya phosphoric acid

Soda mengandung phosphoric acid yang dapat mempengaruhi pembentukan batu ginjal. Bila masuk ke dalam tubuh ia juga akan mengikat mineral-mineral tubuh seperti kalsium. Nah, dari sinilah kemudian terjadi penyumbatan pada saluran kencing yang disebut kencing batu.

Hal ini juga menyebabkan kerja ginjal menjadi sangat berat, sehingga ginjal mudah rusak.

Kandungan sodium

Sodium terkenal membuat tubuh mudah mengalami dehidrasi. Selain itu, ia juga dapat meningkatkan jumlah racun di dalam tubuh, memicu terjadinya komplikasi dan naiknya tekanan darah. Kalau sudah demikian biasanya akan terjadi serangan jantung atau stroke.

Citrus soda

Citrus soda berbahaya bagi ginjal karena dapat mengurangi jumlah kalsium dalam tubuh. Ia juga dapat menyebabkan penyakit batu ginjal.

Pemanis buatan

Apakah benar diet soda itu bebas gula? Mungkin saja benar, tetapi ia mengandung pemanis buatan yang jumlah manisnya jauh lebih besar daripada gula pada umumnya. Dan bahayanya bisa berlipat daripada gula biasanya. Terlalu sering mengonsumsi diet soda juga dapat menyebabkan gagal ginjal, demikian laporan hasil penelitian seperti dikutip dari boldsky.

Kalau tahu sedemikian berbahayanya soda untuk ginjal, apakah Anda akan tetap mengonsumsinya? [initial]

BACA JUGA:

Tidur Dalam Kegelapan Bukan Menakutkan, Tetapi Menyehatkan

Sedang Masuk Angin? Makan Sup Ayam Saja

Menikah Bikin Umur Lebih Panjang

6 Bagian Tubuh Yang Tersakiti Saat Patah Hati

Hati-Hati! Lensa Kontak Dapat Melukai Bola Mata

Inilah Manfaat Baik Donor Darah

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading