/kesehatan/28322-mengapa-ibu-hamil-harus-minum-susu-part-2.html

Mengapa Ibu Hamil Harus Minum Susu? Part 2

Selasa, 23 Juli 2013 10:59



(c)shutterstock

Vemale.com - Nutrisi yang dibutuhkan saat hamil memang berbeda takarannya seperti yang telah dijelaskan pada Apakah Ibu Hamil Harus Minum Susu? Part 1. Misalnya ibu diharuskan minum 2 gelas susu per harinya. Terutama pada 3 bulan pertama kehamilan.

Tidak cukup sampai disitu, ulasan lebih dalam tentang mengapa ibu hamil lebih butuh banyak asupan susu juga akan dijelaskan dibawah ini, seperti yang ada di livestrong.com.

Sumber nutrisi

American Pregnancy Association menyarankan ibu hamil mengkonsumsi 3-4 sajian yang mengandung kalsium untuk membantu mendapatkan jumlah kalsium yang dibutuhkan. Misalnya, segelas susu atau yogurt untuk 1 sajian. Lalu, dalam sajian lainnya bisa mengkonsumsi telur, keju, salmon, tuna, tahu, kubis, sereal, kacang almond, dan wijen.

Perlindungan
American Pregnancy Association mengamati bahwa saat hamil itulah seorang ibu bisa mendapatkan kalsium yang cukup untuk tubuhnya, karena secara alami tubuh lebih bisa menyerap mineral dari makanan dan suplemen atau vitamin tambahan. Ibu hamil juga memiliki kadar hormon estrogen yang tinggi, yang daoat mencegah kalsium keluar dari tulang.

Massa Berat Tulang Menurun
Jika massa berat tulang menurun saat hamil, biasanya akan tergantikan dalam beberapa bulan setelah melahirkan. Tapi, jika saat hamil ibu tersebut usianya masih belasan atau masih remaja, mereka lebih beresiko terkena osteoporosis. Hal ini disebabkan karena proses pembentukan tulang pada ibu yang masih remaja belum sepenuhnya selesai, bahkan saat mereka sudah hamil.

Ibu hamil dibawah 18 tahun disarankan mengkonsumsi 1.300 mg kalsium per harinya, sedangkan yang diatas 18 tahun disarankan sebanyak 1.000 mg per harinya.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/sfg)





ARTIKEL TERKAIT - KESEHATAN
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

ZODIAK HARI INI

Scorpio

24 November - 30 November
Banyak kerjaan dan tantangan baru yang akan kamu hadapi Ada banyak...